oleh

Pengamat : Dewan Pertaruhkan Kredibilitasnya Jika Tak Perjuangkan Aspirasi Hasil Reses

Makassar, inisulsel.com,-Pengamat Sosial dari Universitas Negeri Makassar, DR Munawir Kamaluddin mengemukakan hasil reses Dewan Perwakilan Rakyat Daerah khususnya di Sulawesi Selatan merupakan amanah rakyat yang wajib diperjuangkan para legislator.

“Aspirasi hasil reses itu menjadi wajib dierjuangkan, karena itulah legislator menjadi wakil rakyat,”kata Munawir, Minggu (10/11).

Munawir mengemukakan reses yang dilakukan oleh legislator khususnya di daerah merupakan kegiatan untuk menyerap aspirasi.

“Dewan tiga kali reses setahun, dari reses itu banyak masalah dan keluhan yang disampaikan oleh masyarakat,”tutur Munawir.

Munawir mengimbau kepada para legislator daerah yang telah reses untuk serius memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Kegiatan reses itu dibiayai oleh negara, uang rakyat, kalau tidak memperjuangkan aspirasi masyarakat berarti dewan terkesan mengelabui masyarakat,”tegas Munawir.

Diketahui ,Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulsel dan beberapa DPRD Kabupaten/Kota di Sulsel telah melaksanakan kegiatan reses kurang lebih sepekan ini.

Dewan, kata Munawir, tak sulit untuk memperjuangkan aspirasi hasil reses tersebut karena dewan memiliki kewenangan yang kuat untuk mengontrol dan mengawasi Pemerintah Daerah.Oleh karenanya, dewan dapat berkordinasi dengan Pemda untuk menyelesaikan masalah yang sedang dialami masyarakat.

Beberapa masalah yang dialami masyarakat saat ini, kata Munawir, diantaranya masalah perbaikan infrastruktur ,jalan dan drainase, masalah pendidikan, masalah kebutuhan air bersih, masalah pelayanan kesehatan dan pengentasan kemiskinan serta pembukaan lapangan kerja.

“Masyarakat juga terutama konstituen masing-masing legislator, bisa menilai seperti apa wakil rakyat yang dipilihnya saat pemilu legislatif laku, apakah benar-benar berjuang untuk rakyat atau tidak,”kata Munawir.(*)

News Feed