oleh

Pemkot Makassar Izinkan Shalat Id di Masjid Masing-masing

Makassar,Inisulsel.com – Kebijakan untuk melaksanakan shalat idul fitri Ramadahan tahun ini dianjurkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar agar digelar di dalam masjid dan bukan di lapangan terbuka seperti pada perayaan-perayaan sebelumnya.

Pj Wali Kota Makassar, Prof Yusran Jusuf menjelaskan alasan salat Id difokuskan di masjid masing-masing untuk meminimalisir terjadinya penularan dan penyebaran virus atau transmisi lokal.

“Kita fokuskan semua di masjid masing-masing. Kenapa bukan di lapangan? dikhawatirkan orang datang dari berbagai tempat. Nah, ini yang kita tidak ingin kan,” ungkap Yusran saat wawancara media di Posko Covid-19 Makassar, tanggapan beliau saat berada di Jalan Nikel, Senin (18/5/2020).

Lebih lanjut, Yusran juga menyatakan alasan lainnya shalat Id digelar di masjid karena relatif masyarakat yang berada di dalam satu wilayah atau kompleks sudah sering berinteraksi satu sama lain.

“Kita sudah pantau ternyata Masjid kompleks itu sudah menerapkan. Mereka menjamin dan bertanggung jawab,” bebernya.

Namun walau demikian, protokol kesehatan menurut pihaknya harus tetap diterpakan. Maka dari itu sosialisasi SOP Covid-19 akan dilakukan di masjid-masjid, termasuk pengecekan suhu tubuh sebelum masuk wilayah masjid.

“Intinya kita akan lakukan protokol kesehatan dan kita ada disitu satu hari sebelumnya, kita melakukan,” pungkasnya.

News Feed