oleh

HUT 413 KOTA MAKASSAR JADI SEJARAH DIPARIPURNAKAN DPRD

MAKASSAR,IniSulsel.com,– Perayaan HUT 413 Kota Makassar kali ini menjadi sejarah bagi Kota Makassar. Pasalnya, baru kali pertama perayaan HUT Kota Makassar diumumkan pada rapat paripurna DPRD Kota Makassar yang berlangsung di Gedung DPRD kota Makassar, Jl AP Pettarani, Makassar, Sabtu (14/11/2020).

Perayaan HUT 413 Kota Makassar menjadi spesial karena dihadiri langsung Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, Penjabat Wali Kota Makassar Prof Rudy Djamaluddin. Rapat pengumuman hari jadi ke 413 Kota Makassar ini dipimpin Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo didampingi Wakil Ketua DPRD Makassar Adi Rasyid Ali, Andi Suhada Sappaile, dan Andi Nurhaldin.

Hadir juga Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Selatan, dan Forkopimda Kota Makassar serta tamu undangan yang menghadiri pagelaran diantaranya, Camat Se-Kota Makassar dan Pimpinan sejumlah Perusda Makassar. Sementara itu, undangan secara virtual untuk mengikuti secara virtual yaitu sejumlah Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kota Makassar.

Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar yang ke-413 dengan tema, Adaptasi Baru Menuju Gerbang Investasi dan Pariwisata, jatuh pada tanggal Senin 9 November 2020 juga dihadiri Ketua Panitia HUT 413 Muh Ansar selaku sekretaris daerah dan Plt Sekwan Andi Bukti Jufri selaku tuan rumah.

Seremonial ini dimulai dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dilanjutkan mengheningkan Cipta dipimpin Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo. Setelah itu, Rudianto Lallo memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada tamu undangan yang sempat hadir beriringan dengan membuka rapat paripurna ini.

Wakil Ketua DPRD Makassar, Adi Rasyid Ali, SE, MM didaulat membacakan Sejarah Kota Makassar dimulai dari awal mula terbentuknya Kota Makassar, Masjid Tua Kerajaan Tallo. Termasuk Kepala Daerah kota dari masa ke masa, mulai zaman kolonial belanda, jepang, nica, RIS, dan masa Republik Indonesia (RI).

Di akhir acara, Pemerintah Kota Makassar mendapatkan kado spesial dari Kementerian Kesehatan RI berupa bantuan empat pax ventilator yang diserahkan oleh anggota DPR RI Komisi IX Hj Aliyah Mustika Ilham. Bantuan termasuk diterima langsung Pj Walikota Makassar Rudi Jamaluddin dan disaksikan Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah didampingi Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo.

Karena masih masa pandemi, perayaan HUT Kota Makassar ini digelar sangat sederhana dan mengutamakan protokol kesehatan sehingga pantia tidak mengundang banyak orang. Karena itu, masyarakat umum diminta menyaksikan melalui virtual, live streaming maupun di layar kaca.

News Feed