oleh

Komisi D DPRD Makassar Tinjau Pembangunan Puskesmas Jumpandang Baru

Makassar,Inisulsel.com – Komisi D DPRD Makassar bidang Kesejahteraan Rakyat yang salah satunya bermitra dengan Dinas Kesehatan dan beberapa Puskemas, melakukan peninjauan pembangunan Gedung Puskesmas Jumpandang Baru di Kecamatan Tallo, Jalan Ir. Juanda, Jumat (20/11/2020).

Kunjungan ini dihadiri Wakil Ketua Komisi D Fatma Wahyudin dan bersama dengan beliau anggota Komisi D, Alhidayat Samsu, Irmawati Sila, Abd. Wahid, dan Kartini didampingi Kepala Puskesmas Jumpandang Baru. Kunjungan ini untuk melihat langsung sejauh mana progres pembangunan Puskesmas yang rencananya akan dijadikan rumah sakit tipe C itu.

Peninjauan gedung puskesmas yang sementara dalam tahap penyelesaian pembangunan ini, mengalami sedikit keterlambatan berhubung dengan adanya pandemi Covid-19. Pembangunan yang diperkirakan selesai di Bulan Maret 2020 terpaksa terhambat hingga maret 2021.

Wakil Ketua Komisi D Fatma Wahyuddin memberi perhatian lebih kepada puskesmas yang akan dijadikan rumah sakit ini. Menurutnya, dirinya berharap puskesmas ini bisa melalui tahap verifikasi untuk perubahan status. Berhubung RS ini berada di wilayah Daerah pemilihan beliau.

Semantara itu, Anggota Komisi D DPRD Makassar Alhidayat Samsu menuturkan, kehadiran Rumah Sakit tipe C ini diharapkan dapat menampung rujukan dari Puskesmas atau pelayanan tingkat dasar dikarenakan pasien yang akan dirujuk tidak bisa langsung ke Rumah Sakit dengan pelayanan tipe B.

“Kita harapkan dengan adanya Rumah Sakit tipe C ini dapat melayani langsung rujukan-rujukan dari pelayanan dasar, sebab sekarang keluhan dari seluruh masyarakat pada saat mau dirujuk ke Rumah Sakit tidak bisa langsung ke tipe B seperti RSUD Labuang Baji, RSUD Haji Makasaar, RSUD Daya Makassar,” ujarnya.