oleh

7 Cara Mudah Membangun Networking Untuk Mereka Yang Pemalu

INISULSEL.com – Networking atau menjalin pertemanan dengan banyak orang adalah hal yang sangat dibutuhkan saat memasuki dunia kerja. Nggak hanya berguna sebagai jaringan yang memperkenalkanmu pada banyak peluang kesuksesan, networking menjadi salah satu soft skill yang akan dipertimbangkan oleh HRD dari pelamarnya.

Tapi bagaimana jika kamu pemalu atau pendiam? Bagaimana jika kamu nggak memiliki jaringan luas dan nggak tahu cara memulainya? Mengutip dari Her Campus, ada cara yang bisa dilakukan perempuan pemalu untuk memulai networking.

1. Mengirim InMail di LinkedIn

InMail, salah satu fitur berkirim pesan media sosial profesional LinkedIn, menjadi alternatif membuka jaringan yang baik untuk si pemalu. Sebab mereka akan merasa lebih nyaman untuk berkenalan dan berinteraksi dengan kalangan profesional melalui berkirim pesan. Ketika sudah berkenalan dan berteman secara dunia maya, tandanya kamu telah mengembangkan satu koneksi. Selamat!

2. Berlatih bersama teman atau keluarga

Bagi perempuan pemalu, membuka pertemanan menimbulkan kecemasan yang besar dalam diri mereka. Untuk mengurangi tekanan itu, kamu bisa berlatih dengan teman atau keluarga. Mulai dengan basa-basi bersama anggota keluarga yang jarang kamu ajak bicara. Jika salah satunya memiliki bisnis, tanyakan pada mereka mengenai kegiatan favorit selama bekerja, atau meminta saran untuk memulai bisnis. Kamu juga bisa berlatih dengan atasan di tempat magang dengan menanyakan tips bekerja di bidang itu. Dari percakapan ini, kamu sudah memulai langkah membangun jaringan yang besar.

3. Tingkatkan kemampuan menelepon

“Karena banyak perkenalan dimulai melalui percakapan via telepon, penting untuk bisa berkomunikasi dengan jelas dan entusias melalui perangkat ini. Sebab, nggak banyak mahasiswa mampu dan nyaman melakukannya,” ujar Lesley Mitler, career-coaching service untuk mahasiswa dan fresh graduate. Kamu bisa berlatih dengan menghubungi anggota keluarga. Bicara dengan pelan dan jelas, sehingga suaramu terdengar dengan baik melalui gadget itu.

4. Mengikuti kelas public speaking

Baik perempuan pemalu maupun yang aktif sangat disarankan untuk mengikuti kelas public speaking. Dengan mengikuti kelas atau kursus ini, kamu dpat mempelajari teknik berbeda untuk mengurangi rasa gugup, membangun kepercayaan diri, menyampaikan pesan secara efektif. Sebab berbicara di hadapan banyak orang memiliki atmosfer yang berbeda dibandingkan di hadapan seseorang saja. Jadi, segera daftar public speaking.

5. Mendatangi career event

Jangan sungkan mengikuti career fair atau networking event yang diadakan oleh kampus maupun lembaga lain. Dalam acara itu, kamu bisa bertemu dengan berbagai orang, berbagai posisi, dan berbagai perusahaan. Ini menjadi kesempatan yang tepat untukmu membuka jaringan bersama orang-orang penting yang ada di sekitarmu. Bahkan, bukan nggak mungkin jika beberapa orang tertarik untuk merekrut dirimu!

6. Lakukan beberapa riset

Ketika kamu ingin mengiktui acara seperti career fair atau networking event, pastikan juga untuk melakukan beberapa riset, seperti mencari tahu tentang perusahaan yang akan berpartisipasi dalam acara itu. Hasil pengamatan yang kamu gali ini dapat menjadi bahan percakapan yang baik untuk digunakan bersama para profesional yang akan kamu temui. Juga, kamu akan merasa lebih percaya diri karena sudah mengenal lebih baik mengenai orang atau perusahaan yang kamu temui. Jangan lupa juga untuk membawa dokumen penting seperti CV, ya.

7. Membuat personal statement

Salah satu topik yang selalu dibahas dalam percakapan membuka jaringan adalah menceritakan dirimu sendiri pada orang lain. Terlihat mudah, namun sulit dan canggung untuk dilakukan. “Buat sebuah personal statement untuk menjelaskan siapa kamu, kemampuanmu, dan tujuanmu. Ini jauh lebih efektif daripada mengulang apa yang telah tertulis di resume. Ini menjadi cara terbaik untuk menceritakan tentang dirimu,” ujar Mitler.

jangan lupa untuk menunjukkan ketertarikanmu pada lawan bicara sehingga terjadi komunikasi dua arah! Maka, kamu siap untuk membuka networking, sekalipun kamu adalah perempuan yang pemalu