oleh

Tinja Astronot Bisa Diolah Menjadi Material di Luar Angkasa

INISULSEL.COM – Tinja ternyata bisa menjadi jawaban bagi masalah material di luar angkasa. para peneliti telah berhasil mengembangkan cara untuk mengolah tinja menjadi suatu material tertentu.

Dalam hasil studi yang dipublikasikan pada jurnal bioRxiv, para peneliti memberikan solusi cerdas bagi dua masalah di luar angkasa, yaitu tinja manusia dan kekurangan material.

Solusi yang diberikan para peneliti adalah dengan membuat suatu bakteri buatan yang dapat mengubah feses menjadi plastik, untuk kemudian digunakan di mesin printer 3D.

Dari situ, secara teori, para astronaut bisa membuat suatu alat atau potongan yang kurang untuk misi luar angkasa mereka.

“Ketika Anda merencanakan misi luar angkasa, tidak mungkin Anda bisa memprediksi semua yang akan dibutuhkan,” ujar Mayi Acellana-Panlilio, salah satu peneliti dalam studi, dilansir IFL Science.

“Keunggulan dari plastik ini adalah dia bisa dibentuk menjadi apapun yang Anda inginkan,” tambahnya.

Dalam proses ini, tinja para astronaut akan diberikan bakteri buatan bernama Escherichia coli.

Bakteri tersebut didesain untuk mengolah asam lemak dari tinja, lalu mengubahnya menjadi suatu jenis plastik yang disebut polyhydroxybutyrate.

Plastik tersebut kemudian dapat digunakan di printer 3D, sama seperti plastik lainnya. Selain itu, para peneliti juga menambahkan bahwa sisa dari tinja dapat digunakan sebagai pelindung radiasi.