oleh

Nutrisi Ikan Gabus Melebihi Salmon

MAKASSAR,INISULSEL.COM–Ternyata ikan gabus jauh lebih bernutrisi ketimbang ikan salmon. Pasalnya, sejenis ikan predator yang hidup di perairan tawar daerah tropis ini bukan hanya berprotein tinggi, tapi juga sarat kandungan albumin.

“Ikan ini punya kandungan protein hingga 80,55 persen dan 33,07 persen albumin,” ujar General Manajer PT Medika Laboratories, Daniel Thian dilansir Okezone

Albumin merupakan salah satu protein penting bagi tubuh manusia yang diproduksi organ hati dan dilepaskan secara terus menerus ke dalam darah.

Albumin berperan mengatur tekanan osmotik darah hingga menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Dan salah satu fungsi utamanya, yaitu semacam alat penyalur nutrisi ke seluruh tubuh.

Di tubuh, asupan nutrisi yang tinggi sekalipun bisa tak bermanfaat bila tidak tersalur dengan baik.

Daniel memaparkan, pemenuhan nutrisi merupakan kunci diet seimbang yang baik bagi kesehatan, di samping berolahraga.

Dalam sehari, lanjutnya, kita perlu memperhatikan kebutuhan karbohidrat maksimal 1300 kalori, lemak 300 kalori dan protein mencapai 50-60 gram.

Karenanya, keberadaan albumin yang mampu mengubah protein menjadi plasma protein dalam darah, membuat kandungan nutrisi dalam ikan gabus jauh lebih optimal diserap tubuh.

Dengan demikian, ikan gabus yang memiliki kandungan albumin melimpah bisa menjadi solusi pemenuhan kebutuhan nutrisi. “Jadi lebih baik dibanding Salmon,” imbuh Daniel.