Ujian SBMPTN 2018, Pagi Ini Serentak di Indonesia

MAKASSAR,INISULSEL.COM – Para calon mahasiswa baru perguruan tinggi negeri akan menjalankan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018. Ujian tersebut akan dilakukan secara serentak pukul 07.00.

Seperti dikutip dari laman panitia SBMPTN 2018, Selasa (8/5/2018), calon mahasiswa baru akan menjalani ujian kemampuan dasar saintek (TKD Saintek), tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA), serta tes kemampuan dasar soshum (TKD Soshum).

Sementara Panitia Lokal (Panlok) yang banyak pesertanya yaitu 82 Makassar, meliputi Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Islam negeri (UIN) Alauddin Makassar dan Universitas Sulawesi barat (Unsulbar) Majene.

Dari keempat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut, hanya UIN Alauddin yang tidak menjadi lokasi tes.

untuk tahun 2018, jumlah pendaftar SBMPTN mengalami peningkatan 7.96 persen dari 2017 sebanyak 47.000 pendaftar, naik menjadi 51.800 peserta tes SBMPTN khusus panlok 82 Makassar.

Untuk mengatasi kecurangan, ketua Koordinator Humas Panlok 82 SBMPTN Prof. Muhammad Jufri di Makassar, mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai langkah untuk menghindari atau meminimalkan peluang terjadinya perjokian

“Khusus joki memang mendapat perhatian dari panitia dengan rekomendasi rektor, sehingga sudah menyiapkan tindakan antisipasi dan pencegahan. Kami juga melakukan deteksi dini, bahkan disiapkan penanganan khusus,” ujarnya dikutip tirto.id

Para pengawas juga melakukan sosialiasi dan memantapkan penanggung jawab untuk mendeteksi dengan mengecek dokumen dan rutin berkeliling untuk memeriksa identitas. Selain itu, pihaknya juga memutuskan melarang peserta SBMPTN untuk membawa telepon genggam ke dalam ruangan saat ujian tersebut.