oleh

Resmi ! Pemerintah Rilis Jadwal Seleksi CPNS 2018 Online Formasi Kabupaten/Kota

MAKASSAR,INISULSEL.COM—  Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Refotmasi dan Birokrasi (Menpan RB) akhirnya meliris jadwal rekrutmen dan seleksi CPNS 2018.

Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan menteri, akhir Mei ini merupakan jadwal penetapan formasi. Sementara pendaftaran online dimulai Juni ini.

Berdasarkan jadwal pelaksanaan, seleksi akan berlangsung pada bulan Juli hingga September.
Sedangkan Pengumuman kelulusan pada akhir Agustus hingga September. Terakhir pemberkasan bulan Oktober.

Kepala BKD Kalsel, Perkasa Alam mengatakan informasi tersebut baru dikabarkan Menpan RB dalam minggu ini.

“Baru saja dirilis oleh Menpan RB,” ujarnya, Kamis (17/05/2018) kepada Banjarmasinpost.co.id

Namun ungkapnya, pada Selasa (08/05/2018) dirinya baru saja mendapatkan informasi dari Kemenpan RB bahwa pengumuman formasi akan disampaikan setelah Pilkada serentak 27 Juni nanti.

Jika diumumkan setelah pilkada serentak maka minimal pengumuman akan dilakukan pada akhir Juni.

“Informasi terakhir yang kita dapatkan itu, artinya jangan percaya jika ada informasi bahwa CPNS sudah dibuka atau sudah ada oknum yang menawarkan berbagai lowongan bisa lolos CPNS karena formasi yang sudah disetujui sendiri kita belum terima,” jelasnya.

Salah satu alasan penerimaan itu ditunda hingga selesainya Pilkada yaitu Demi menghindari munculnya persepsi yang mengaitkan penerimaan tersebut dengan berlangsungnya Pilkada.

Namun ia berharap di akhir Mei ini pengumuman formasi bisa dikeluarkan oleh KemenPAN RB tanpa menunggu setelah Pilkada.

Sementara itu, menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Mempan RB) Asman Abnur menegaskan, tidak ada lagi pengangkatan tenaga honorer di pemerintahan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) secara langsung.

“Untuk tahun ini ada pengangkatan atau penerimaan PNS melalui tes. Undang-Undang sekarang tidak lagi membenarkan merekrut PNS tanpa tes,” kata Asman di Kota Makassar, Kamis (3/5/2018) dikutip Tribun

“Jadi kalau ada pegawai (honorer) sudah bekerja lima tahun atau dua tahun atau satu tahun, silakan ikut tes seleksi. Ngga apa-apa. Jadi ada persyaratannya,” tambah Asman

Dengan melalui proses seleksi, kata Asman menjadi PNS betul-betul transparan sesuai kompetensi calon.

“Saya berharap orang-orang yang mau menjadi PNS adalah mereka yang betul-betul mau belajar, mau bekerja secara profesional, dan punya kompotensi yang pas,” kata Asman.