oleh

Kakanwil Minta OBH Tingkatkan Kualitas Layanan Bantuan Hukum

MAKASSAR,INISULSEL.COM – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Sulawesi selatan (Sulsel), Imam Suyudi membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Identifikasi Penjaringan Organisasi Bantuan Hukum “, Selasa (26/06). di Hotel Romedo Makassar.

Kegiatan yang mengangkat tema peningkatan kuantitas Organisasi Bantuan Hukum (OBH) dan kualitas layanan Bantuan Hukum dalam rangka verifikasi dan akreditasi tahun 2018 menghadirkan peserta dari OBH yang ada diwilayah sulawesi selatan.

Illya A selaku ketua panitia penyelenggara dalam laporannya menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah OBH terakreditasi di wilayah Sulawesi Selatan sehingga dapat melaksanakan program bantuan hukum bagi masyarakat miskin.

Sekaligus melakukan evaluasi serta menghimpun masukan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan bantuan hukum.

Sementara itu, Kakanwil dalam arahannya meminta kepada seluruh OBH yang telah terakreditasi untuk dapat meningkatkan kualitas layanan bantuan hukum kepada masyarakat miskin.

“Saya harap OBH bisa meningkatkan kinerjanya bukan hanya dari segi kuantitas masyarakat yang diberi layanan, tapi juga pada kualitas layanan bantuan hukum yang diberikan sehingga keberadaan program bantuan hukum yang kita laksanakan betul – betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat miskin,” harapnya

Ia juga menambahkan, Kanwil Kemenkumham Sulsel memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan guna memastikan OBH mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan Bantuan Hukum.

“Saat ini di Sulawesi selatan baru 13 OBH yang terakreditasi sehingga pengawasannya dapat dilakukan dengan baik. Namun bagi provinsi sebesar Sulsel, dengan baru 13 OBH yang terakreditasi di rasa masih sangat sedikit,” ujarnya.

Untuk itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberi pemahaman yang baik tentang prosedur dan mekanisme pelaksanaan verifikasi, akreditasi dan re-akreditasi sehingga dapat meningkatkan jumlah OBH yang terakreditasi.

Kegiatan FGD ini mengahadirkan narasumber Dari BPHN, Constantinus Kristomo dan Nurlailasari yang juga dihadiri oleh para kepala divisi dan pejabat struktural kanwil sulsel.

Dikutip oleh : Humas Kanwil Kemenkunham Sulsel