oleh

Sulawesi Selatan siap sambut Obor Asian Games 2018

MAKASSAR,INISULSEL.com — Sulawesi Selatan patut berbangga, Makassar selaku ibukota Sulawesi Selatan telah mempersiapkan diri mengarak obor Asian Games 2018.

Arak obor Asian Games akan dimulai dari Yogyakarta pada 18 Juli dan dibawa berkeliling 54 kota dan 18 provinsi. Makassar akan jadi salah satu kota yang dilewati pada 29 Juli.

Tiba di bandara Sultan Hasanuddin, dijadwalkan arak obor akan melintasi beberapa kabupaten, yaitu Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Bulukumba.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Sri Endang,

“Khusus di Bulukumba kita akan perkenalkan budaya cara membuat kapal phinisi,” ucap Sri Endang, Rabu (18/7/2018).

Dia mengatakan setiap kabupaten yang akan dilalui api disambut dengan prosesi budaya. Selanjutnya dibawa ke Makassar menggunakan kapal phinisi.

“Api itu juga dibawa ke Lantamal VI Makassar menggunakan kapal Dewaruci,” ucap dia.

“Inilah kesempatan kita perkenalkan empat etnis di Sulsel, yaitu Makassar, Toraja, Mandar, dan Bugis,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Makassar, Hendra Hakamuddin bersama perwakilan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) telah melakukan pengecekan lokasi di Anjungan City Of Makassar, Pantai Losari, pada Senin (16/7/18).

“Dalam kunjungannya, mereka ingin memastikan kesiapan Kota Makassar dalam menyambut Asian Games. Di mana Kota Makassar terpilih menjadi salah satu kota untuk melakukan pawai obor,” kata Hendra Hakamuddin.