oleh

Pemprov Godok Jabatan Fungsional Pengelola Keuangan

MAKASSAR,INISULSEL.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) berencana menggodok jabatan fungsional untuk mengelola keuangan pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov.

Hal ini menjadi pembahasan pada rapat Pemprov Sulsel dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) di ruang rapat Sekertaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Selasa lalu.

Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Sulsel, Syamsul Rizal Syam mengatakan berdasarkan Permenpan No. 42 tahun 2014 mengenai jabatan analis keuangan pusat dan daerah, oleh karenanya Pemprov bersama tim Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan melakukan perekrutan melalui uji kompetensi dan pelatihan Khusus.

“Jabatan ini sangat kita butuhkan berkaitan dengan mengelola keuangan kita di daerah secara benar berdasar kaidah aturan akuntansi dan keuangan jabatan ini sudah di laksanakan tapi belum dalam bentuk jabatan fungsional ini yang ingin kita dorong kedepan yang berminat kesana,” kata Syamsul Rizal Rabu (8/8/2018)

Dengan mengoptimalkan pejabat fungsional pada OPD tertentu, menurtnya maka akan sangat menjanjikan ke depan seperti halnya jabatan lainnya. OPD Pemprov maupun Pemda kabupaten dan kota belum memiliki jabatan fungsional yang mengelola secara khusus keuangan tersebut.

“Jabatan analis keuangan untuk menata keuangan kita ke depan. Kita butuh pada semua sektor yang terkait dengan pengelolaan keuangan, jadi semua OPD harus ada satu orang yang mengelola,” ucapnya.

Untuk sementara, kata Syamsul, masih dalam proses pembuatan formasi lebih dulu, dan diharapkan saat gubernur baru masuk sudah bisa kita lakukan.

Dalam menggodok jabatan fungsional ini, Pemprov Sulsel dibantu oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) membuat sebuah pelatihan peningkatan bakat dalam mengelola keuangan.

Untuk itu, Menpan mengajak asosiasi pemerintan asal Jerman bernama GIZ untuk memberikan pelatihan khusus dalam mengelola keuangan.