Dewan Bantah Pungutan Liar Dilakukan di Dinas Kebersihan Makassar

MAKASSAR,INISULSEL.com – Dewan bantah terkait pungutan liar yang dilakukan oleh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Makassar, melalui penyediaan prasarana Ambulance pengangkut jenazah.

“Salah satu anggota dewan, sudah buktikan ada laporan laporan penelitian di hari itu ternyata itu tidak benar. Yang ada biasanya ini mispersepsi karena layanan gratis,” kata anggota Komisi C DPRD Kot Makassar, Irwan ST, Senin 3 September 2018.

Irwan, menjelaskan bahwa hal yang kerap dipermaslahakan oleh masyarakat yaitu pelayanan Ambulance gratis. Namun, diketahui bahwa penyediaan Ambulance gratis hanya dipergunakan untuk mnegangkut dari rumah duka ke pemakaman.

“Nah biasanya yang mungkin menimbulkan biaya adalah dari rumah sakit ke rumah duka atau yang keluar kota ke luar daerah. Itu memang ada perhitungannya sendiri jadi tidak sepenuhnya benar. Semuanya serba gratis, itu semua ada aturannya dan itu dasarnya yang perda,” tambahnya.

Oleh sebabt itu SKPD merespon dengan membuat regulasi yang memungkinkan untuk lebih mempertegas tupoksi penggunaan Ambulance gratis tersebut. Pasalnya, kata Irwan, permaslahan yang timbul kemungkinan disebabkan oleh manjemen pengelolaan dan administrasi yang kurang tepat.