oleh

Pedagang Pasar Mulai Masuk New Makassar Mall

MAKASSAR,INISULSEL.com – Usai pembongkaran secara menyeluruh, lapak di Pasar Sentral Makassar, para pedagang pun mulai berdatangan ke pos pendaftaran dan pengambilan kunci untuk mendapatkan kios di New Makassar Mall. Lokasi pendaftaran tersebut dilakukan di lantai satu gedung New Makassar Mall.

PT Melati Tunggal Inti Raya (MTIR) telah memberikan kemudahan bagi para pedagang, sebagaimana kebijakan yang telah dibuat oleh Pemerintah Kota Makassar bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Sleatan, bahwa para pedagang dapat berjualan selama enam bulan secara gratis.

“Kita sudah beri kemudahan. Itu sudah disepaakati bersama dengan PD Pasar, Pihak MTIR dan pedagang. Hal itu juga memang sudah kita tawarkan sebelum dilakukan pembongkarang diluar,” kata Manager Marketing PT MTIR, Inna, saat ditemui dilokasi pendaftaran, Senin 10 September 2018.

Dalam proses pendaftaran tersebut, pedagang harus menandatangani prasyarat dan pernyatan sebagai bentuk kesepakatan bersama. Selain itu, pedagang juga diminta untuk melengkapi berkas berupa LHU asli serta sertifikan kepemilikan kios di pasar sentral lama, serta fotocopy KTP dan KK untuk mendapatkan kunci kios.

“Jadi pedagang itu bisa berjualan selama enam bulan. Dari situ mereka bisa mengumpulkan biaya untuk pemnayaran sewa nantinya serta pengurusan kredit di bank,” tambahnya.

Sementara salah seorang pedagang. Ramlah yang ditemui usai melakukan pendaftaran menjelaskan bahwa dirinya telah menyepakati hal-hal yang berkaitan dengan proses pendaftaran pedagang di New Makassar Mall, termasuk persoalan harga sewa.

“Saya disini berdagang pakaian. Semua persyaratan sudah disepakati, dan Alhamdullah juga sudah liat kiosnya, tinggal mau dibenahi sedikit. Harganya juga sudah cocok. Standarlah ya,” kata Ramlah.

Diketahui, pasca relokasi seluruh lapak berjualan sementara kini rata dengan tanah. Sementra gedung New Makassar Mall kini menjadi satu-satunya alterenatif bagi para pedagang pasar sentral untuk berjualan.