oleh

Upacara Kemerdekaan, Pj Walikota dan Ketua DPRD Inspektur

Makassar,IniSulsel.com – Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Samad Suhaeb dan Ketua DPRD Makassar, Farouk M Betta bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-74, di Lapangan Karebosi, Makassar, Sabtu (17/8/2019).

Keduanya berbagi tugas. Pada pagi hari, Pj Walikota Makassar Iqbal Samad Suhaeb sebagai inspektur upacara pengibaran bendera. Sore harinya, Ketua DPRD Kota Makassar, Farouk M Betta didaulat sebagai inspektur upacara penurunan bendera.

Inspektur upacara adalah pembesar yang menginspeksi kemudian menerima laporan pelaksanaan upacara, yang diucapkan oleh komandan upacara pada awal dan akhir upacara.

Sementara itu, Komandan Upacara adalah Kapten Kavaleri Edison Hadi Yapese.

Pembawa baki bendera merah putih dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) adalah Andi Youmil Ikezumy Yudha.

Ia adalah siswi SMA Islam Athirah 1 Makassar. Youmil lahir dari pasangan Andi Yudha Yunus dan Tenri A Pallallo yang juga menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemerintah Kota Makassar.

Dalam sambutan seragam Gubernur Sulsel,  Iqbal Suhaeb, berpesan kepada masyarakat daerah agar senantiasa menjadikan budaya lokal yakni Sipakainge dan Sipakalebbi menjadi perekat kebangsaan serta menjunjung tinggi semangat nasionalisme.

Usai upacara penurunan, Pj Wali Kota Iqbal menyalami Farouk yang sukses mengemban tugas. Farouk mengucapkan terimakasih dan merasa tersanjung karena baru kali ini diberi kepercayaan menjadi inspektur upacara hari Kemerdekaan. “Ini juga menjadi kenangan yang sangat berkesan di akhir masa jabatan saya sebagai ketua DPRD,” ucapnya.