Wujudkan Makassar Hijau, FKHM Minta Masyarakat Memulai dari Lingkungan Kecil

Makassar, inisulsel.com,-Forum Komunitas Hijau Makassar meminta masyarakat turut membantu program Makassar Hijau atau Makassar Bersih dimulai dari lingkungan kecil.

“Mewujudkan Makassar Hijau atau Makassar Bersih, memang tak semudah dalam konsep dan kontekstual belaka,”kata Ahmad Yusran, Ketua Forum Komunitas Hijau Makassar, Minggu (3/11).

Menurut Yusran, beragam kegiatan mewujudkan Makassar sebagai kota hijau telah dilakukan. Hanya saja umumnya masih bersifat massal, dan belum berkelanjutan.

Padahal ,kata Yusran, keikutsertaan masyarakat sebagai bagian dari jejaring komunitas. Mereka dapat menjadi motor penggerak utama gerakan hijau. Serta pembawa perubahan (agent of change) di masing-masing wilayah kecamatan, kelurahan hingga ke level organisasi rukun tetangga dan lainnya.

Sementara komunitas hijau memiliki peran penting untuk menjamin keberlanjutan program kota hijau di masa mendatang.

“Kuncinya, mulai dari diri sendiri di lingkungan kecil. Modalnya kemandirian, semangatnya gotong royong,” kata Ahmad Yusran.

Mengingat Forum Komunitas Hijau (FKH) adalah sarana untuk mewadahi komunitas-komunitas dalam masyakarat yang menitikberatkan pada isu lingkungan dan sosial budaya.

Sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas RTH Kawasan Perkotaan. Forum komunitas hijau menganut 5 prinsip. Diantaranya sukarela, independen, mandiri, kooperatif, dan ramah lingkungan. (*)