oleh

Dewan Sulsel Minta RAPBD Sulsel 2020 Tak Seperti DKI Jakarta

Makassar, inisulsel.com,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tak mengajukan usulan anggaran seperti beberapa OPD DKI Jakarta yang menjadi sorotan publik baru-baru ini.

“RAPBD kita jangan seperti DKI Jakarta yang disoroti karena dinilai tak rasional,”kata Ni’matullah, Wakil Ketua DPRD Sulsel , Rabu (6/11).

Ni’matullah meminta masing-masing OPD Pemprov Sulsel mengajukan anggaran secara rasional dan sesuai kebutuhan dan sifatnya penting untuk melaksanakan program strategis untuk kemajuan daerah.

“Program dalam RAPBD harusnya terarah untuk percepatan pembangunan daerah dan penguatan lembaga Pemprov,”kata dia.

Seperti diketahui ,dalam RAPBD DKI Jakarta 2020, ada pos anggaran pada Dinas Pendidikan yakni pembelian lem aibon sebesar Rp 82 miliar dan beberapa pos anggaran lainnya yang dinilai sejumlah kalangan kontroversial.

“RAPBD akan kita arahkan untuk kemajuan Sulsel, untuk rakyat, ini sesuai Visi Bapak Gubernur Prof Nurdin Abdullah,”kata Ketua Partai Demokrat Sulsel itu.

Pengamat Ekonomi Institut Bisnis dan Keuangan Nitro Makassar, Muhammad Nur Alfatah mengemukakan RAPBD harusnya terarah untuk pembangunan daerah.

Beberapa bidang yang perlu dioptimalkan untuk menunjang percepatan peningkatan perekonomian daerah, kata Nur yakni bidang infrastruktur, pertanian, perikanan dan kelautan serta kemajuan industri di Sulsel.

“Termasuk program di bidang investasi, bagaimana agar investasi dalam skala besar masuk ke Sulsel,”kata Nur.(*)