oleh

Dinas Koperasi UMKM Makassar Siapkan Program Strategis 2020

Makassar, inisulsel.com,- Dinas Koperasi dan Usaha Mikro ,Kecil dan Menengah Kota Makassar menyiapkan lima program strategis untuk memajukan dan mengembangkan koperasi dan usaha mikro dan kecil pada 2020.

“Kami ada beberapa program strategis untuk 2020,”kata Evi Aprialty ,Selasa (26/11).

Evi menyebutkan ,program tersebut antara lain program peningkatan kualitas lembaga koperasi, program peningkatan kapasitas pengurus koperasi, program revitalisasi koperasi, program pengembangan kewirausahaan, Program pelatihan UMKM.

Menurut Evi, ada lagi beberapa program lainnya yang juga bertujuan untuk memajukan serta mengembangan usaha mikro termasuk perlindungan kepada usaha mikro yang sedang eksis saat ini.

Dengan program tersebut, kata Evi, disampaikan ke pihak dewan melalui mekanisme pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Pokok Makassar 2020.

“Kami berharap dukungan dewan untuk melaksanakan program tersebut,”tutur dia.

Menurut Evi, salah satu tantangan bagi usaha mikro kedepan yakni pengembangan sumber daya manusia pelaku usaha mikro agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dimana saat ini aplikasi IT yang banyak digunakan untuk menyebarluaskan informasi produk UMKM.

Selain itu, kemampuan manajemen bagi pelaku usaha mikro perlu diberikan pelatihan agar pengelolaan usaha bagi pelaku UMKM dapat berkembang pesat atau berkembang dari usaha skala mikro menjadi usaha skala kecil.

Anggota Komisi B Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Makassar, Hasanuddin Leo mengemukakan dewan tentunya mendukung program yang disiapkan Pemkot termasuk bidang koperasi dan UMKM.

“Kalau programnya jelas untuk memajukan dan mengembangkan usaha mikro dan koperasi, tak ada alasan bagi kami untuk tidak mendukung,”tutur Leo.(*)