oleh

Warga Makassar Diminta Turut Siaga Banjir di Musim Hujan

Makassar, inisulsel.com,-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Makassar meminta masyarakat agar turut siaga banjir di musim penghujan mulai akhir tahun ini.

Meski, seluruh Camat dan Lurah Se-Kota Makassar telah menyatakan siaga terhadap kerawanan banjir disejumlah titik di beberapa kecamatan.

“Musim hujan mulai, masyarakat juga harus siaga, terutama di daerah-daerah rawan banjir,”kata Adi Rasyid Ali, Wakil Ketua DPRD Kota Makassar saat dikonfirmasi, Rabu (4/12).

Menurut Adi, sejumlah titik rawan banjir berada di beberapa wilayah kecamatan yakni di Kecamatan Panakkukang,Manggala, Tamalanrea dan Biringkayana. Namun, di kecamatan selain itu, ada juga sejumlah titik yang menjadi rawan genangan banjir.

Adi berharap pihak kecamatan dan kelurahan meningkatkan kesiagaan dalam mengantisipasi terjadi banjir di beberapa titik. Titik lokasi yang paling rawan yakni di Blok 10 Perumnas Antang Kecamatan Manggala, di Jalan Swadaya Kecamatan Manggala, serta di kompleks Perumahan Bumi Tamalanrea Permai Kecamatan Tamalanrea.

Sedangkan genangan air yang biasanya terjadi di sejumlah ruas jalan dalam Kota Makassar seperti di Jalan AP Pettarani, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Jalan Sulawesi, Jalan Urip Sumoharjo depan kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Adi mengatakan harus juga mendapat perhatian.

“Jangan sampai drainase pada titik rawan genangan air tersebut , kondisi drainasenya tersumbat akibat sedimentasi,”kata Adi.

Oleh karena itu, Adi meminta Dinas Pekerjaan Umum beserta pihak Kecamatan dan Kelurahan mengecek secara teliti kondisi drainase di masing-masing wilayah rawan genangan air.

Badan Meteorologi ,Klimatologi dan Geofisika Makassar telah memprediksi puncak musim hujan terjadi pada akhir Desember tahun ini, ditandai dengan tingginya curah hujan yang terjadi di beberapa daerah di Sulawesi Selatan.(*)