oleh

Dewan Makassar : Pengalihan Bukaan Jalan Hertasning Baru Resahkan Pengendara

Makassar, inisulsel.com,-Pemkot Makassar melalui Dinas Perhubungan Makassar telah melakukan pengalihan bukaan jalan di Jalan Hertasning ,Makassar. Titik lokasinya di dekat perbatasan antara Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa.

“Sudah banyak keluhan masyarakat yang kami terima, ini perlu disikapi oleh Dishub Makassar,”kata Apiaty Amin Syam, Sekertaris Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Makassar diruang komisi A, Kamis (9/1).

Menurut Apiaty, sejak dilakukan pengalihan bukaan jalan di dekat perbatasan kota tersebut, warga umumnya mengeluhkan terutama pengendara kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil.

Pasalnya, kata Apiaty, pengalihan bukaan jalan tersebut justru makin memacetkan akses jalan di Jalan Hertasing Baru sekitar perbatasan Makassar- Gowa tersebut. Sejak bukaan jalan yang berada di depan akses jalan masuk ke Kompleks BTN Minasa Upa tersebut, arus lalu lintas mesti memutar di bukaan jalan yang berada di dekat swalayan GIANT ,arah jalan menuju Samata Kabupaten Gowa.

“Itu terlalu jauh memutar kendaraan yang ingin menuju kompleks BT Minasa Upa dan sekitarnya, akibatnya justru makin macet arus lalu lintas disana,”kata Apiaty.

Apiaty mengemukakan Komisi A Dewan menyayangkan pengaturan arus lalu laintas yang dilakukan Dishub Makassar tersebut karena bukan mengatasi kemacetan, malah justru menambah parah kemacetan.

Dia meminta Dishub makassar meninjau ulang pengalihan bukaan jalan yang berada di depan akses jalan menuju BTN Minasa Upa tersebut.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada perhatian Pemerintah Kota Makassar terkait pengalihan jalan tersebut , semestinya dalam sebulan penerapan pengalihan arus lalu lintas dengan mengalihkan bukaan jalan tersebut dievaluasi setiap bulan.

“Kalau pengalihan bukaan jalan tersebut tidak efektif mengatasi kemacetan, sebaiknya ditinjau ulang,”kata Apiaty. (*)