Ketua KPK Ingatkan Kepala Daerah Se-Sulsel “Hati-hati ,jangan bagi-bagi kue proyek”

Makassar, inisulsel.com,- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi , Firli melakukan kunjungan ke Makassar, Sulawesi Selatan. Ia bersama rombongan menghadiri acara penguatan pencegahan korupsi untuk wilayah Sulawesi Selatan di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (23/1).

Di acara itu, Firli Bahuri mengingatkan kepala daerah Se-Sulawesi Selatan mulai dari Gubernur hingga Bupati dan Walikota agar berhati-hati dalam menjalankan pemerintahan daerah agar tidak melakukan tindak pidana korupsi, suap, dan gratifikasi.

“Itu fokus legislatif, ngomong sama gubernur, bupati, kepala daerah, jangan bagi-bagi kue dalam bentuk (proyek kiriman),” kata Firli dihadapan para pejabat Pemprov Sulsel di acara tersebut.

Firli mencontohkan tindak korupsi yang pernah terjadi sebelumnya di Provinsi Jambi yang menyeret gubernurnya. Menurut dia,  yang terjadi di Provinsi Jambi terkait pembagian jatah (kue) hanya akan menghambat pertumbuhan ekonomi daerah, terlebih lagi menghambat pembahasan RABPD daerah itu sendiri.

“Seperti yang terjadi di Provinsi Jambi, di Provinsi Jambi itu, KPK sudah datang ke sana, omongin tentang pencegahan, mereka komitmen untuk ketok palu tidak ada kesepakatan “bagi-bagi kue’, kalimatnya begitu. Besok pulang kita, setelah kita pulang anggota DPRDnya bilang gini, ‘Pak Gubernur kita nggak ketok palu kalau ini nggak sepakat’. tutur Firli mencontohkan kasus korupsi di Jambi.

Dia melanjutkan dengan mengutip kasus provinsi Jambi,“Akhirnya apa yang terjadi, gubernur memerintahkan Kepala Dinas UMKM, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Diknas, apa kata mereka (dprd nya), barusan kemarin diberikan arahan KPK, masa kita sepakat lagi, itu kan kemarin Pak, sekarang KPK sudah pulang. Kacau lagi kita,” kata Firli.

Menurut Firli, kesepakatan untuk memberantas korupsi di daerah tersebut tidak akan terjadi karena tidak ada kesamaan pendapat antara stakeholder baik Pemerintah Daerah maupun legislatif.

“Mudah-mudahan ini nggak terjadi di Sulawesi Selatan,” ujar Firli.

Dia meminta pemerintah daerah khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan diharapkan dapat untuk berbenah dan melakukan perbaikan penyelenggaran dan pelayanan pemerintah yang lebih baik lagi ke depannya.(*)