oleh

Masjid Al Markaz Makassar Umumkan Salat Jumat Perdana Besok, Legislator PKS: Zona Merah Jangan Dulu

MAKASSAR,IniSulsel.com,-Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Azwar meminta Pemerintah Kota Makassar menunda pembukaan masjid di wilayah zona merah. Ia khawatir ini akan memunculkan klaster baru Covid-19.

“Ya kan kita masih di zona merah, kalau zona merah ya lebih baik jangan dibuka dulu (masjid untuk ibadah),” ujar Azwar saat ditemui di ruangan Komisi A DPRD Kota Makassar, Kamis (4/6/2020).

Sementara itu, Masjid Al Markaz Al Islami telah mengumumkan akan melaksanakan salat Jumat perdana besok. Beberapa masjid besar juga telah memastikan hal yang sama.

Salat Jumat mulai digelar pekan lalu. Meski tidak secara resmi mendapat persetujuan pemerintah.

Azwar melihat ini justru berbahaya karena kurva Corona Makassar belum terkendali. Potensi penularan masih sangat tinggi.

Karena itu ia mengusulkan agar pembukaan masjid tidak berlaku di semua wilayah. Harus dibatasi berdasarkan peta penyebaran wabah.

Menurut Azwar, pada wilayah dengan angka kasus yang masih tinggi, masjid seharusnya belum dibuka. Pemerintah harus bisa melakukan proteksi dini.

Azwar juga menilik anjuran MUI untuk tidak melakukan ibadah di tempat ibadah di tengah pandemi Covid-19. Utamanya di wilayah zona merah.

“Aturan MUI kan jelas, kalau masih zona merah jangan dulu beribadah, itu saja kita ikuti,” ujar Azwar.

Lebih lanjut Azwar menuturkan secara tuntunan agama juga jelas. Salat di rumah saat terjadi pandemi dibolehkan oleh ulama.

“Ya justru kalau sholat Jumat dilakukan 2 kali kan justru tidak ada tuntunannya, lebih baik kita ikuti Ulama beribadah di rumah saja,” lanjut Azwar.