HMI Makassar Timur Gelar Intermediate Training “Untuk Kader Bangsa”

Makassar,Inisulsel.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar Timur menggelar Intermediate Training tingkat nasional pada Senin, 30 November sampai 8 Desember 2020. Intermediate Training tingkat nasional merupakan sarana kader HMI seluruh Indonesia. Intermediate Training yang bertemakan “Islam Transformatif: Reposisi Perjuangan HMI”.

Kegiatan yang dibuka pada Senin, 30 November 2020 oleh Perwakilan PJ Walikota yang sekaligus Sekretaris Kesbangpol Kota Makassar, Ahmad Namsum, dalam sambutannya mendoakan dan mengharapkan agar kader mampu mengaktualkan potensinya sebagai mahasiswa untuk tetap berada dalam jalan kebenaran.

Intermediate Training diharapkan mampu dalam membentuk pemikiran kader dalam keindonesiaan dan keislaman sebagai garda terdepan. Demi membentuk kader bangsa, peserta dijaring dari 117 calon peserta yang mengumpulkan essay dan terjaring menjadi 52 orang yang melanjutkan ke tahapan screening selama delapan hari. Peserta yang telah melulusi screening berhak untuk ikut serta dalam forum Intermendiate Training sebanyak 30 orang. Penjaringan dilaksanakan selama November 2020.

“Penjaringan ini dilakukan untuk mampu memilih mahasiswa yang benar-benar ingin belajar dan berjuang. Harapannya kader lulusan intermediate training HMI Cabang Makassar Timur merupakan kader yang telah terilhami dengan kualitas insan cita untuk mewujudkan tujuan HMI dalam membentuk masyarakat madani” Kata Sabri selaku Koordinator Steering.

“Sebagai organisasi Islam, Himpunan Mahasiswa Islam harus merespon ketidakadilan yang terjadi, dengan merumuskan gerakan kolektif demi tercapainya cita-cita ideal bangsa. Intermediate Training diharapkan mampu menjadi wadah dalam perumusan itu.“ Ungkap Ardiansyah Syamsuddin selaku Ketua Umum HMI Cabang Makassar Timur.

Ketua Panitia, Syahrul Ramadhan, berterima kasih kepada seluruh peserta yang telah menyelesaikan tahapan penjaringan serta memberitahukan jika kedepannya forum Intermediate Training akan dibawakan oleh pemateri berdaya pemikiran yang mampu bertoleransi dalam masyarakat Indonesia yang beragam dengan di pandu oleh Master of Training, Sutami Amin. Pemateri yang dihadirkan untuk menemani dialog pemikiran peserta diantaranya Agus Mustofa, Roy Murtadho, Arief Rosyid Hasan, Serta banyak dari praktisi, akademisi, dan kalangan professional.

Kegiatan Intermediate Training merupakan pengkaderan tindak lanjut dalam tubuh Himpunan Mahasiswa Islam. Selama forum dilaksanakan harapan besar dari pelaksanaan HMI Cabang Makassar Timur mampu untuk mendayagunakan pengetahuan untuk meningkatkan kapasitas peserta sebagai kader penggerak di daerahnya dengan kepekaan sosial.