oleh

Sosialisasi Perda Bantuan Hukum, Ajid Harap Pemerataan Hukum

Makassar,Inisulsel.com – Anggota DPRD Kota Makassar H. Sahruddin Said, SE (F-PAN) menjamin pemerataan di mata hukum bagi masyarakat yang kurang mampu. Bantuan hukum ini dibentuk bagi masyarakat untuk membantu, jika harus berhadapan dengan pengadilan atau hukum.

“Kami di DPRD yang hakikatnya legislator, ingin memberi jaminan kepastian hukum kepada masyarakat yang kurang mampu apabila berhadapan dengan hukum itu bisa terfasilitasi dengan baik, ungkap Sekretaris Komisi D DPRD Makassar ini.

Hal itu disampaiakan saat Sahruddin Said melaksanakan kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah (perda) kota Makassar No. 7 Tahun 2015 Tentang Penyelengaraan Bantuan Hukum, Kamis, 30/03/2021 Travellers Hotel, Kota Makassar.

Hadir sebagai Narasumber KaBag. Hukum Pemkot Makassar DR. Hari S.ip SH MH M.Si dan Akademisi Fak. Hukum UMI Makassar serta Ketua DPD Forum Adv. Dan Pengacara RI Prov. Sulsel, Hasnan Hasbi, SH, MH.

Dalam pemaparannya, Kabag Hukum Setda Kota Makassar DR. Hari mengharapkan anggaran untuk bantuan hukum ini agar bisa dievaluasi kedepannya. Sebab, menurutnya, anggaran bantuan hukum ini masih sangat minim untuk tahun ini.

“Terus terang anggaran untuk bantuan hukum tahun ini masih minim untuk jumlah penduduk kota makassar, serta kedepan untuk bantuan hukum di masyarakat kota makassar akan lebih selektif yang memang masyarakat kurang mampu dan memang layak di berikan bantuan hukum,” Ujarnya.

Ajid sapaan akrab legislator milenial itu berharap, masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya. Ia menuturkan masyarakat bisa terlepas dari paradigma “Hukum tumpul keatas, tajam kebawah”.

“Saya harap masyarakat yang hadir pada hari ini, bisa mensosialisasikan bahwa jangan mki takut-takut. Hilangkan pemahaman yang selama ini menilai “Hukum tumpul keatas, tajam kebawah” karena pemerintah sudah menyiapkan”, tutupnya.