oleh

Satgas Raika Libatkan Sejumlah Personil BPBD Makassar

Makassar,Inisulsel.com – Sejumlah personil BPBD Makassar turut berpartisipasi dalam Satgas Pengurai Kerumunan (Raika) , yang dibentuk Pemerintah Kota Makassar. Mereka diamanahkan mengcover Satpol PP Makassar.

Kepala Pelaksana BPBD Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin, mengungkapkan, jumlah personil BPBD Makassar saat ini 83 orang, termasuk dirinya. Sebagian ditugaskan memback up Satpol PP, di Satgas Raika.

“Satgas Raika ini bukan hanya Satpol PP. Ada beberapa yang tergabung di dalamnya. Termasuk BPBD, Damkar, Dishub hingga TNI dan Polri,” jelas Hendra, Jumat, (06/08/2021)

Menurut Hendra, Satgas Raika akan bekerja memonitor dan mengurai kerumunan, sekaligus mensosialisasikan protokol kesehatan. Adapun lokasi yang menjadi pantauan satgas ini, seperti mal, warkop, dan pusat keramaian lainnya.

“Satgas Raika dalam memberikan himbauan kepada masyarakat, dilakukan denganĀ  pendekatan secara humanis dan persuasif. Ini selalu saya tekankan kepada personil di BPBD Makassar,” ujarnya.

Ia mengaku telah mengatur jumlah personil yang disiagakan sebagai Satgas Raika. Selain itu, adapula yang ditugaskan di isolasi apung terpadu Makassar.

“Kita pecah anggota. Adapula yang disiagakan ketika tiba-tiba terjadi bencana lainnya. Mudah-mudahan tidak,” pungkasnya. (Satria)