oleh

BBPOM Bersama Aliyah Mustika Ilham Edukasi Masyarakat tentang Keamanan Obat dan Makanan

MAKASSAR,INISULSEL.COM, – Dalam rangka kegiatan KIE Obat dan Makanan Aman kepada Masyarakat, BBPOM di Sulawesi Selatan, bersama Anggota DPR RI Aliyah Mustika Ilham melakukan pemberian edukasi terkait “Pencegahan Covid – 19 dan Waspada Obat Makanan dengan Selalu Melakukan Cek KLIK.

Keamanan obat dan makanan menjadi perhatian khusus, dari BBPOM dan juga Anggota Komisi IX, khususnya dimasa pandemi Covid19.

Aliyah Mustika Ilham menyampaikan bahwa pemahaman masyarakat terkait keamanan obat dan makanan harus terus diupdating, demi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

“Program KIE ini penting sebagai perlindungan bagi masyarakat, sebagai konsumen dari berbagai produk makanan dan obat-obatan yang beredar,” ujarnya, di Aerotel Smile Hotel, Sabtu (28/08/2021).

Dimasa pandemi Covid19, masyarakat harus semakin cerdas dalam memilih obat-obatan yang aman, apalagi semakin marak beredar obat yang diklaim mampu menyembuhkan Covid19. Demikian pula dengan makanan-makanan, harus lebih memperhatikan nilai gizi yang terkandung, agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi.

Ditempat yang sama, Kepala Balai Besar di Makassar, Dra Hardaningsing mengatakan kegiatan KEI ini sebagai salah satu cara mencegah maraknya makanan dan obat yang tak layak edar.

“Masyarakat harus terus diedukasi, dan diberikan informasi yang tepat mengenai makanan dan obat yang boleh dikonsumsi, selain sosialisasi via sosial media, kami juga perlu turun langsung ke masyarakat, selain menghindari informasi yang hoak, kami juga bisa langsung diskusi dengan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, BBPOM juga akan menindaklanjuti informasi yang disampaikan dari masyarakat terkait produk makanan, obat-obatan maupun kosmetik yang sudah beredar masyarakat.

“Bagi warga masyarakat yang menemukan, atau menjadi korban dari adanya obat, makanan, ataupun kosmetik berbahaya, dapat menyampaikan ke BBPOM, agar menjadi data dasar bagi BBPOM untuk melakukan tindakan lebih lanjut,” tuturnya.