Dorong Semangat Belajar, SDN Bontorannu 2 Gelar IHT Untuk Guru

  • Whatsapp

Makassar,Inisulsel.com – SDN Bontorannu 2 Makassar menggelar In House Training (IHT) dengan tema “Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pembelajaran”, Jumat (24/9/2021).

Kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan Kepala Sekolah yang memenuhi persyaratan sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah, maka setiap Calon Kepala Sekolah (CKS) harus menempuh pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah (PPCKS).

Hal ini didasari tenaga pendidik yang didorong untuk melakukan terobosan dalam pembelajaran. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi berbasis android. Kinemaster merupakan aplikasi pembuatan video pembelajaran yang saat ini kerap dimanfaatkan demi tersampainya tujuan pembelajaran.

Selaku pemateri, Muh Kadri Karim, S.Pd.,M.Pd. mengungkapkan bahwa pemanfaatan aplikasi kinemaster ini sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran, yang nantinya menuju kepada pembelajaran yang berdiferensiasi untuk peserta didik, terutama di masa pandemi ini. Di masa pandemi ini sangat menuntut kreativitas guru dalam pembelajaran.

“Hal ini sangat penting, sebab dedikasi guru diuji dalam masa pandemi untuk menciptakan terobosan baru bagi siswa. Saya berharap ini menjadi rutin di kalangan tenaga pendidik,” ujarnya.

Kepala UPT SPF SDN. Bontorannu 2 Hj. St. Syamsiah,S.Pd. sangat mendukung dan merespon pelaksananan kegiatan In House Training yang dimotori oleh salah satu Calon Kepala Sekolah yaitu Syukriati, kegiatan ini dapat dijadikan pengembangan diri dalam memenuhi kompetensi manajerial calon kepala sekolah.

Sementara itu, Syukriati, S.Pd., M.Pd yang juga sebagai CKS yang menyampaikan, kegiatan IHT peningkatan kompetensi guru ini berharap berjalan sesuai dengan rencana dan menghasilkan produk perangkat pembelajaran yang mampu meningkatkan rasa percaya diri, semangat, tanggung jawab dan kreatifivitas peserta didik.

“Pemanfaatan media sangat dibutuhkan, apalagi dalam masa pandemi. Kami harap ini menjadi motivasi bagi tenaga pendidik untuk menghasilkan generasi,” tegasnya.

Pos terkait