Sosialisasi Perda Rumah Kost, Nurul Hidayat Imbau Masyarakat Jaga Ketertiban Lingkungan

  • Whatsapp

Makassar,Inisulsel.com – Anggota DPRD Kota Makassar Hj. Nurul Hidayat (F-Golkar) menilai regulasi terkait rumah kost, penting untuk disebarluaskan. Sebab, masih banyak masyarakat yang kurang paham terkait aturan pengelolaan rumah kos. Misalnya, belum memiliki izin dan beroperasi tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Perda ini dibentuk atas inisiasi DPRD. Kita ingin pemilik rumah kos taat mengenai aturan yang diatur,” jelas Nurul Hidayat.

Hal ini disampaikan dirinya saat menggelar kegiatan Sosialisasi Angkatan 15 dengan Perda Nomor 10 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Rumah Kost, Rabu (29/09/2021) di Hotel Whize Prime, Makassar

Hadir pula, Plt. Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Tata Ruang Kota Makassar Aswin Ressang dan Kabag Umum Setda Makassar Dr. Ir. H. Suwiknyo.

Lanjut Nurul Hidayat, rumah kost wajib memiliki tata tertib dan jadwal bertamu rumah kos, pengelola juga wajib melapor minimal tiga bulan sekali jumlah pemondok atau identitas ke camat lurah atau RT/RW setempat.

Lalu, wajib melapor ke RT/RW jika ada tamu yang akan menginap, memberikan pengarahan dan bimbingan kepada pemondok untuk berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan masyarakat di lingkungan sekitar. Bukan hanya pengelola, pemondok juga wajib menaati aturan yang berkaitan dengan administrasi.

“Pengelolaan rumah kos di Kota Makassar pada umumnya sudah baik, namun masih ada juga yang melakukan pelanggaran. Karena itu penting bagi pemerintah kota untuk melakukan pengawasan secara rutin sehingga bisa melihat peruntukan rumah kos,” tutup dia.

Pos terkait