inisulsel.com

Hasanuddin Leo Sosialisasikan Perda Perlindungan Pemberdayaan Pasar Traditional dan Penataan Pasar Modern

MAKASSAR,INISULSEL.COM,– Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Makassar, H. Hasanuddin Leo gelar kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan Tahun Anggaran 2021 Angkatan XVI terkait Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar Nomor 15 tahun 2009 tentang Perlindungan, Pemberdayaan Pasar Tradisional dan Penataan Pasar Modern di Hotel Travellers Phinisi Makassar, Rabu (13/10).

Dalam sambutannya Hasanuddin Leo menjelaskan bahwa Peraturan Daerah Pemberdayaan Pasar Traditional dan Penataan Pasar Modern ini merupakan  turunan dari Peraturan Presiden RI no 112 tahun 2007 tentang penataan dan pembinaan pasar traditional pusat perbelanjaan dan toko modern.

“Membangun pasar itu tidak bisa sembarang tempat , harus mengikuti kepada aturan yang tertera dalam dokumen rencana detail tata ruang dan inisiatif membangun pasar berpacu pada dokumen tersebut,” ungkap H2L sapaan Tagline legislator senior PAN Makassar ini.

Dirinya menambahkan bahwa Tujuan perda ini dihadirkan untuk mengatur lalulintas perdagangan dan kemudian pasar-pasar traditional tidak terganggu dengan hadirnya pasar modern.

“Perda ini mengatur hak serta kewajiban pemerintah dalam melakukan pembinaan,harapan kami bahwa peserta yang hadir untuk bisa fokus didalam mengikuti acara, sehingga bisa menjadi mediator di wilayah sekitar dalam mensosialisasikan peraturan daerah ini dengan baik,”harapnya.

Foto Narasumber Bersama seluruh peserta pada kegiatan Sosialisasi Perda Anggota DPRD Makassar H. Hasanuddin Leo,Rabu (13/10).Di Hotel Travellers Phinisi Makassar

Sementara itu Direktur Utama PD Pasar Makassar Raya Basdir menyebutkan, Pemerintah Kota Makassar berupaya mengembangkan mekanisme pembiayaan dengan menggali berbagai bentuk pembiayaan yang potensial untuk menunjang pembangunan Kota sekaligus peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat termasuk penyedia infrastruktur pasar yang representatif termasuk pasar tradisional.

“Kehadiran Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya selain dapat merumuskan formulasi arah kebijakan dan strategi untuk mendapatkan sumber pembiayaan untuk melengkapi sarana dan prasarana pasar PD,” ungkapnya.

“Pasar Makassar Raya diharapkan dapat membiayai dirinya sekaligus dapat memberi keuntungan dalam bentuk dividen ke kas Pemerintah Kota Makassar, “tandasnya.

Dia menyebutkan posisi strategis dan keunggulan komparatif yang dimiliki oleh Kota Makassar, maka diperlukan pasar untuk menjadikan sarana dan tempat distribusi barang serta tempat bertransaksi bagi masyarakat yang aman, bersih dan nyaman.

Disamping itu, lanjutnya, pasar dimaksudkan sebagai sarana untuk mengendalikan harga dan pusat kegiatan perdagangan yang sekaligus sebagai potensi signifikan terhadap pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka PD Pasar Makassar saat ini berupaya untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar tercapai apa yang diharapkan. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan pihak Perbankan, BUMN, serta perusahaan yang mempunyai kepedulian besar terhadap Kota Makassar.

Exit mobile version