oleh

Curah Hujan Meningkat, BPBD Makassar Imbau Warga Waspadai Potensi Banjir

Makassar.Inisulsel.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mengimbau warga untuk tetap mawas diri terhadap potensi banjir menjelang akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2022.

Kepala Pelakasana BPBD Makassar, Akhmad Hendra Hakamuddin menyebut hasil kajian BMKG terjadi peningkatan curah hujan bulanan hingga 70 persen.

“BMKG sudah paparkan bahwa mulai November, hingga awal tahun intensitas curah hujan meningkat dari biasanya, meski tidak sampai ekstrim tapi tidak ada salahnya kita tingkatkan kewaspadaan,” ujar Akhmad Hendra. Kamis (04/11/2021).

Selain itu, BPBD Makassar juga berupaya meningkatkan kesiapsiagaan untuk potensi bencana banjir. Di antaranya peningkatan kapasitas dan kemampuan personel lapangan serta kesiapan logistik dan peralatan.

“Kalau dari kami yah personel kita latih terus, begitu juga dengan peralatan kita, meskipun terbatas, tapi tetap kita akan maksimalkan, rapi mudah-mudahan tidak terjadi ji banjir,” ujarnya.

Diketahui, BPBD Makassar telah menyiapakn sejumlah posko untuk memantau lokasi langganan banjir secara live streaming yang dapat dipantau dari Posko Pusat dan bisa dilihat masyarakat melalui gawai.

“Sebagai langkah preventif, di lokasi langganan kita sudah siagakan posko jauh hari sebelumnya, dan kita dapat pantau dari posko pusat,” tutupnya.