oleh

Buka Kegiatan Bontomanai Sehat, Bupati Andi Utta Sampaikan Pentingnya Vaksinasi Covid-19

Bulukumba,INISULSEL.COM, – Masih dalam suasana peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), Karang Taruna Desa Bontomanai Bekerja sama dengan Klinik Faeyza Medika dan Apotik Sehati Care menggelar kegiatan Bontomanai Sehat, senin (29/11/2021)

Kegiatan tersebut merupakan salah satu impelentasi dari pembangunan kesehatan ditengah pandemi covid-19 khususnya di Desa Bontomanai, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Dilaksanakan di Klinik Faeyza Medika Desa Bontomanai Kecamatan Rilau Ale, kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka oleh Bupati H. A. Muchtar Ali Yusuf. Hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bulukumba, Camat Rilau Ale, Kepala Desa Bontomanai, Ketua Baznas Bulukumba, jajaran BPJS Kesehatan Bulukumba, Pimpinan dan jajaran Pegadaian Syariah Bulukumba, serta para Tokoh Masyarakat.

Owner sekaligus penanggung jawab Klinik Faeyza dr. Muh. Ilyas Nurdin menuturkan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menggangkat kembali semangat serta kepedulian masyarakat atas status kesehatan ditengah pandemi yang masih berlangsung.

Menurutnya pelayanan kesehatan merupakan hal yang paling vital yang perlu dimaksimalkan, sebab roda ekonomi akan surut jika para pelaku ekonomi memiliki keterbatasan aktivitas fisik akibat penyakit.

“tentunya dengan berbagai ikhtiar kesehatan yang kita lakukan sehingga kita bisa lakukan effort yang lebih besar dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan, sehingga pemulihan ekonomi ditengah pandemi dapat tercapai,” ujar dr. Ilyas

Dirinya menambahkan, seseorang yang menderita penyakit harus memiliki kejelasan dalam penanganan kesehatannya, sebab jika tidak, hal itulah yang membuat masyarakat lebih memilih pelayanan kesehatan ke daerah lain, dan yang tidak memiliki biaya hanya tinggal dirumah dengan penanganan kesehatan yang tak jelas.

“Hal ini yang mengetuk hati kami, untuk bisa berbuat lebih dalam mengabdi. Alhamdulillah, dalam kurun waktu setahun lebih, kami bangun layanan kesehatan yang masih kecil dan masih jauh dari kesempurnaan,” ungkapnya

“ini juga berkat niat dan tekad kami bersama teman teman tenaga kesehatan lain yang ikut dalam aksi ini, kami lakukan safari sehat dengan kunjungan langsung kepada masyarakat yang betul betul dalam keadaan kronik yang hanya di rawat dirumah, kami upayakan kesehatan mereka sehingga mereka bisa kembali sembuh,” tutur dokter millenial tersebut menambahkan.

Merespon hal tersebut, Bupati Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Bontomanai Sehat sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam pelayanan kesehatan.

Sebagai bentuk pembinaan kader kesehatan dan pengabdian kepada masyarakat kata Bupati, kegiatan tersebut juga senantiasa dapat mengasah kepedulian sosial seluruh pihak melalui bakti sosial pemeriksaan kesehatan sekaligus mempererat persaudaraan dan kebersamaan, baik antara petugas medis maupun dengan masyarakat.

“saya berharap nantinya, Klinik ini memberikan layanan yang terbaik, sehingga Klinik Faeyza Medika ini mendapatkan kepercayaan masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di Bontomanai dan sekitarnya,” ucap Bupati.

Berbicara mengenai vaksinasi, Bupati mengatakan saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Bulukumba masih dikatakan rendah, yakni dikisaran persentase 33 persen dari 360 ribu target sasaran Vaksin I dan 16 persen untuk Vaksin II.

Bupati menilai untuk menghadapi serangan Covid-19 Gelombang ke-3, capaian vaksinasi untuk mewujudkan herd immunity menurutnya sangat penting dalam mencegah resiko kematian akibat Covid-19.

“pandemi ini belum jelas kapan berakhirnya, dan baru saja saya dapat informasi bahwa saat ini sudah ada variant baru (Omicron). untuk itu kami harap di akhir tahun ini vaksinasi di Bulukumba sudah bisa mencapai 70 persen,” terang Bupati Andi Utta.

Olehnya itu, Bupati mengajak seluruh pihak agar saling berkolaborasi bersama Pemerintah dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya vaksinasi covid-19, sehingga kekebalan komunal bisa di wujudkan.

“dimasa pandemi ini saya juga berharap untuk masyarakat di Bontomanai agar sama-sama saling bahu membahu memaksimalkan vaksinasi. tanpa herd immunity, covid ini akan sulit kita lawan dan kita tekan nantinya ketika variant baru masuk di wilayah kita,” ajak Bupati di hadapan masyarakat Bontomanai yang hadir saat itu.

Diketahui, pada kesempatan yang sama, Bupati juga meresmikan gedung Rawat Inap Klinik Faeyza Medika serta launching Apotik Sehati Care Cabang Bontomanai yang ditandai pengguntingan pita oleh Bupati Muchtar Ali Yusuf disaksikan tamu undangan yang hadir.