oleh

Dewan Makassar Ray Suryadi Minta Pasar Tradisional Tetap Dikembangkan

Makassar,Inisulsel.com – Pasar tradisional merupakan wadah untuk membangun dan mengembangkan ekonomi bagi usaha kecil, menengah. Oleh karena itu perlindungan dan pemberdayaan pasar tradisional perlu dilakukan agar bisa bersaing di tengah maraknya pertumbuhan pasar modern di Kota Makassar.

Demikian antara lain disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Makassar, H. Ray Suryadi Arsyad Dalam kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan Tahun Anggaran 2021 Angkatan XVIII terkait Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar Nomor 15 tahun 2009 tentang Perlindungan, Pemberdayaan Pasar Tradisional dan Penataan Pasar Modern di Karebosi Promer, Sabtu (04/12/2021).

Narasumber yang hadir pada kegiatan ini, Dirut PD Pasar Makassar Basdir dan Kepala Seksi Pengembangan dan Pembinaan Usaha Sarana Perdagangan, Abdul Hamid.

Pasar, kata anggota dewan asal Partai Demokrat ini, tidak menunjuk pada lokasi atau tempat tertentu, karena pasar tidak mempunyai batas geografis. Pasar itu merujuk pada semua kegiatan penawaran dan permintaan serta melibatkan banyak pihak.

“Fungsi pasar adalah tempat distribusi. Tempat distribusi ini adalah tempat terjadinya proses pemasaran sebuah barang dari penjual ke pembeli sebagai bagian peningkatan ekonomi,” tegasnya.

Senada dengan anggota dewan, Direktur Utama PD Pasar Makassar Raya Basdir,SE menyebutkan hadirnya perda ini, bagaimana pemerintah perlindungan terhadap pasar tradisional. Salah satunya meningkatkan pelayanan terhadap pasar tradisional. Kemudian memperhatikan pasar tradisional dengan tidak melakukan persaingan yang bisa mematikan pasar tradisional.

“Seharusnya kalau mau membangun pasar modern suatu daerah, harus memperhatikan kondisi wilayah tertentu. Karena keberadaan pasar modern, bisa mempengaruhi gadde-gadde 5-10 di lorong,” ujarnya.