oleh

BPBD Kota Makassar Bangun Posko Pantau Banjir di Daerah Rawan

Makassar,Inisulsel.com –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mengaktifkan pos pemantauan banjir.

Langkah ini guna mengantisipasi kondisi cuaca ekstrem yang diprakirakan oleh BMKG terjadi pada 5-7 Desember 2021. Selama tiga hari, di Makassar berpotensi turun hujan lebat diserta angin kencang, ditambah kondisi pasang tertinggi air laut.

“Makanya kita selalu koordinasi dengan BMKG berkaitan dengan curah hujan di Maros dan Gowa,” tutupnya.

BPBD sendiri saat ini sudah menyiapkan peralatan untuk mengantisipasi banjir. Masing-masing tenda, booth, dapur umum, selimut dan perlengkapan lainnya yang bersifat emergency-kit.

Di sisi lain, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar pun mulai melakukan pengerukan sedimentasi di hampir seluruh saluran di kota ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar, Hendra Hakamuddin, mengatakan pos pemantauan banjir akan terus melaporkan kondisi terkini, utamanya di daerah langganan banjir.

“Sejak tadi malam sampai hari ini Posko PB dan seluruh carester memantau wilayah utamanya wilayah rawan banjir,” kata Hendra, Minggu (5/12/2021).

Dia mengatakan, tim pemantauan telah didistribusikan dan jumlahnya menyesuaikan dengan kondisi. Tim ini terdiri dari organisasi perangkat daerah terkait seperti Disdamkar, Dinsos, Dinkes, SAR, Brimob, Basarnas, TNI, Polri, komunitas dan lain-lain.

“Pada tahap pemantauan dilakukan oleh masing-masing carester sesuai wilayah kerjanya, dikoordinasikan melalui Posko PB,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Walikota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memerintahkan jajaran Pemerintah Kota bersiaga menghadapi kemungkinan terjadinya gangguan genangan serta bencana banjir dan bencana angin puting beliung.

“Untuk melaksanakan prosedur siaga bencana dengan mengaktifkan semua Recover Center sebagai posko siaga bencana di semua kelurahan, dan segera berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah),” kata Danny, dikutip dari laman Instagram pribadinya, @dpramdhanpomanto, Senin (6/12/2021).

(Satria)