oleh

KPU Makassar Bareng S3 Ilmu Politik Unhas Gelar Webinar Penguatan Partisipasi dan Pemilu

MAKASSAR,INISULSEL.COM,— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar bekerjasama dengan S3 Ilmu Politik Unhas menggelar Webinar Nasional KPU Makassar dengan tema ‘Pemilu Serentak 2024 dan Kualitas partisipasi Pemilih’, Minggu (26/12).

Menjadi pembicara pada Webinar tersebut di antaranya Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi, Komisioner KPU Sulsel Misna M Attas, anggota Komisi II DPR RI H. Anwar Hafid, Prof. Dr. Muhammad selaku ketua DKPP RI, dan Prof. Dr. Ramlan Subakti selaku pakar kepemiluan.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP Unhas Prof. Dr. Amin Arsyad menyampaikan jika kualitas partisipasi dan Pemilu pada 2024 nanti sangat bergantung pada pemilih dan partai. “Partai menjadi motor utama dalam memberi pendidikan politik pada elemen masyarakat,” ujarnya.

Olehnya itu, partai dimintai untuk menjadi garda terdepan dalam meningkatkan kualitas partisipasi dan Pemilu pada 2024 nanti. Tak hanya gencar menggelar pendidikan politik. Namun juga bersedia mencari kandidat Pemilu yang andal dan berkualitas, demi tercapainya demokrasi yang berkualitas juga.

Sementara Ketua KPU Makassar dalam sambutannya berhadap kegiatan webinar nasional ini melahirkan input yang baik untuk membaca isu Pemilu 2024 nanti. “Kita menghadapi demokrasi yang kompleks. Berharap pertemuan ini dapat memberi pencerahan untuk meningkatkan partisisi dan kualitas pemilu,” tandasnya. (Ananta)