oleh

KPU RI Luncurkan Aplikasi Data Pemilih, Ini Keunggulannya!

Makassar,Inisulsel.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi meluncurkan Aplikasi “Lindungi Hakmu Mobile”  berbasis android.

Tak tanggung-tanggung, salah satu inovasi yang dituangkan KPU RI dalam aplikasi ini, juga adanya akses khusus Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu. Akses tersebut diberikan untuk memantau secara real-time dan terdapat fitur pelaporan kepada KPU.

Komisioner Divisi Data KPU Makassar Romy Harminto, menjelaskan aplikasi ini dirancang dengan harapan terciptanya penyelenggaraan pemilu yang transparan. Maka dari itu, efek ‘ketegangan’ yang selama ini timbul dalam pesta demokrasi yang terselenggara dapat terurai.

“Aplikasi ini juga dibuat untuk teman-teman Bawaslu se-Indonesia, dengan harapan ‘ketegangan’ yang selama ini ada pada pesta demokrasi dapat terurai dengan transparansi aplikasi data pemilih. Tentunya kami memberikan User dan akun khusus bagi teman-teman parpol dan bawaslu dapat melihat langsung atau melaporkan langsung (form laporan bawaslu) kepada KPU”, ujarnya.

Romy berharap dengan adanya aplikasi data pemilih ini, dari masyarakat, Bawaslu hingga Parpol dapat melihat langsung pesta demokrasi mulai tingkat pusat hingga daerah dengan mengakses berdasarakan nama di setiap TPS meliputi seluruh indonesia.

“Tidak hanya Bawaslu, Parpol dari tingkat pusat hingga daerah dapat mengakses ‘by name’ di setiap TPS yang ada di Indonesia. Kami berharap agar niat baik aplikasi ini dapat terjaga dari pihak yang tidak bertanggung jawab,” sambungnya saat dikonfirmasi tim Inisulsel.com. Sabtu (26/02/2022). (Satria)