oleh

Legislator Makassar Galmerya Kondorura Dorong Pemerintah dan Masyarakat Aktif Lestarikan Cagar Budaya

Makassar,Inisulsel.com – Anggota DPRD Kota Makassar Galmerya Kondorura menggelar kegiatan Sosialisasi Angkatan ke 2 dengan pembahasan Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar Nomor 2 Tahun 2013 tentang Pelestarian Cagar Budaya, di Hotel Harper Perintis Makassar. Minggu (27/02/2022).

Legislator PDIP itu selaku narasumber, didampingi Dosen Universitas Kristian Indonesia Paulus, Priya Tandirerung Pasapan S.H., M.H dan Kepala Bidang Cagar Budaya Dinas kebudayaan Kota Makassar Dr. Syarifuddin, S.Pd,M.Pd, MM.

Galmerya mengatakan, Makassar merupakan kota yang memiliki sejarah yang besar dan warisan kebudayaan yang begitu berlimpah. Maka dari itu, kewajiban dari pemerintah, masyarakat untuk menjaga, melestarikan, dan menumbuh kembangkan.

“ini adalah aset bagi kota Makassar serta ada income yang tersedia karena dijadikan tempat wisata. Maka dari itu kita semua wajib menjaga dan memelihara, sebab budaya kita berdampak kepada PAD (Pendapatan Asli Daerah),” ujarnya saat membuka kegiatan ini.

Suasana Sosialisasi Perda Anggota DPRD Makassar Galmerya. (Nanang)

Harapannya, lanjut beliau, pemerintah sampai saat ini terus melakukan pendataan bagi sejarah kebudayaan Makassar yang dapat dilestarikan. Dirinya mengimbau masyarakat bisa berpartisipasi aktif melestarikan, sebagaimana peran dalam perda tersebut.

“Kita wajib melesetarikan dan berperan aktif sesuai yang telah diatur dalam perda. Karena ini akan berdampak juga kepada masyarakat,” tegasnya. (Ananta)