oleh

Sosialisasi Perda Perlidungan Anak, Galmerya Harap Hak Tumbuh Anak Optimal

Makassar,Inisulsel.com – Perda Perlindungan anak hadir sebagai upaya pemerintah kota untuk mendorong perlindungan anak dari berbagai tindak kekerasan, eksploitasi dan penelantaran agar anak dapat hidup dan tumbuh berkembang secara optimal.

Salah satu yang menjadi sorotannya, yakni masih kerap ditemukan orang tua yang memaksakan anaknya mencari nafkah dengan cara meminta belas kasihan orang lain

“Saya sering sekali menemukan ibu-ibu yang memaksakan anaknya menemis. saya saksikan sendiri seorang ibu memaksa anaknya mengemis,” ujarnya.

Hal ini dirinya sampaikan Anggota DPRD Kota Makassar Galmerya Kondorura saat menggelar sosialisasi angkatan ke 3 ” Perda Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Perlindungan Anak” di Hotel Harper, Perintis Makassar. Sabtu (05/03/2022).

Suasana Sosialisasi Perda Anggota DPRD Makassar Galmerya. (Nanang)

Atas dasar itulah kata Galmerya, pihaknya memilih Perda Perlindungan Anak ini untuk disebarluaskan agar regulasi seperti ini bisa diimplentasikan ke tengah masyarakat, bahwa anak itu harus mendapat perlindungan.

“Bukan hanya kita yang hadir disini, tapi semua pihak harus memiliki kesadaran dan tanggung jawab untuk memberikan perlindungan anak. Anak kita itu adalah aset yang harus dilindungi dan dipenuhi kebutuhannya, bukan dimanfaatkan mencari nafkah diluar dari kodratnya sebagai anak,” kata Galmerya.

Diketahui, selain dirinya, narasumber yang juga hadir memberi materi yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar Achi Sulaiman, serta Praktisi pemerhati anak Lusia Palulungan, SH., M. Hum. (Ananta)