oleh

Danny Pomanto Bakal Evaluasi 800 Laskar Pelangi Tak Lulus Seleksi

Makassar,Inisulsel.com – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menginstruksikan kepada seluruh SKPD untuk mendata tenaga Laskar Pelayanan Publik Berintegritas (Laskar Pelangi) yang dibutuhkan.

Danny mengatakan, sebanyak 12.800 Laskar Pelangi yang lolos seleksi pada tahap awal. Namun hanya 12 ribu yang diumumkan sesuai dengan penempatanya.

“Passing grade yang lulus itu 12.800, nah tadi saya minta juga berapa slot gaji yang disiapkan untuk tenaga laskar pelangi, ternyata 12.890 sekian. Jadi yang diumumkan itu hanya 12 ribu saja,” ujarnya, Selasa 8 Maret 2022.

Danny mengatakan, hanya 12 ribu Laskar Pelangi yang dibutuhkan Pemkot Makassar untuk dipekerjakan sebagai tenaga kontrak. Sedang, 800 orang yang namanya tidak tertera pada pengumuman, rencananya akan kembali dipertimbangkan.

Danny telah memerintahkan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi bersama Sekretaris Daerah (Sekda) dan BKPSDM untuk menyusun kriteria khusus untuk menyaring kembali 800 orang tenaga laskar pelangi yang tidak tercantum namanya pada pengumuman.

“Kebutuhan kita sebenarnya 12 ribu untuk ADM saja, di luar 4000 laskar 24 jam. tapi biarmi lebih hemat lebih bagus. 800 orang itu sebenarnya dia lolos, cuman saya yang minta penghematan (dicut) 800 orang itu. mekanismenya kita lihat harus dengan undang-undang. Kita lihat kembali dulukita evaluasi,”

Selain itu, evaluasi 800 orang tersebut akan melibatkan seluruh SKPD untuk menjumlahkan tenaga kontak yang dibutuhkan, sesuai dengan penilaian loyalitas dan kinerja yang baik di masing-masing SKPD. “Saya memanfaatkan momen ini untuk mempernaiki tataran SDM kita, jadi kita bagi laskar pelangi ini dibagi 2. namanya laskar 24 jam,” katanya.

“Kemudian kedua,saya mewajibkan hari ini juga, berapa kebutuhan. misalnya di Satpol kekurangan orang hukum. makanya apa yang dibutuhkan bilang memangmi. Kemudian berapa orang lama yang lulus berapa orang baru yang lolos,” jelas Danny.

Sementara untuk anggarannya. Pemkot Makassar bisa mengakomodir sebanyak 12.891 orang tenaga kontrak. “Slot anggaran sudah dijawab tadi 12.891, artinya cukup sementara yang diumumkan itu hanya 12 ribu termasuk laskar 24 jam. Kebutuhan kita sebenarnya 12 ribu untuk Administrasi saja, di luar 4000 laskar 24 jam. Tetapi biarmi lebih hemat lebih bagus,” terangnya.