oleh

Anggota DPRD Makassar Galmerya Harap Masyarakat Ikut Sebarluaskan Perda Cagar Budaya

Anggota DPRD Makassar Galmerya Kondorura menggelar sosialisasi Angkatan 6 dengan peraturan daerah (Perda) nomor 2 tahun 2013 tentang Pelestarian Cagar Budaya di Hotel Harper, Minggu (15/05/2022).

Wakil ketua Komisi C DPRD Makassar ini menilai, perkembangan budaya saat ini mulai luntur, termasuk kategori cagar budaya yang dimiliki Sulsel khususnya Kota Makassar. Sehingga, Ia mengajak warga untuk ikut melestarikan cagar budaya ini. Misalnya fort Rotterdam.

“Tadi, saya mengajak peserta ikut melestarikan cagar budaya. Minimal, kalau menikmati kawasan itu tidak mengotori dengan membuang sampah sembarangan tempat,” ujarnya.

Selain dirinya, hadir selaku narasumber, Kepala bidang cagar budaya Dinas Kebudayaan Makassar Dr. Syarifuddin dan Akademisi Universitas Paulus, Dr. Yeheschiel Marewah.

Pemaparan materi oleh Kabid Dinas Kebudayaan Makassar Dr Syarifuddin. (NL)

Kata Galmerya, perkembangan teknologi begitu pesat saat ini. Salah satu yang paling berdampak, budaya asing mudah masuk dan dinilai mempengaruhi tingkah laku, utamanya kaum milenial.

“Jangan sampai budaya kita dilupakan. Sosialisasi ini diharap bisa memupuk dan mengingatkan akan budaya kita yang ada di Sulsel dan peserta bisa menjadi duta-duta untuk menyebarluaskan perda ini,” tukas Galmerya.

Ia mengatakan, perda tentang pelestarian cagar budaya memiliki beberapa tujuannya. Diantaranya, melestarikan warisan budaya bangsa dan umat manusia. Meningkatkan harkat dan martabat bangsa melalui cagar budaya. (Ananta)