oleh

Sahruddin Said Sosialisasi Perda Bantuan Hukum

Makassar,Inisulsel.com – Anggota DPRD Makassar, H. Sahruddin Said menggelar kegiatan sosialisasi Angkatan 6 terkait Peraturan Daerah (Perda) Nomor 07 tahun 2015 terkait Penyelenggaraan Bantuan. Minggu (15/05/2022) di Hotel Karebosi Primer.

Perda tersebut merupakan jaminan terhadap hak-hak konstitusional orang atau kelompok warga miskin di Makassar. Kegiatan tersebut juga menghadirkan dua narasumber hukum.

Ajid sapaan akrab Sahrudin Said mengatakan, bahwa sejauh ini banyak masyarakat yang belum tahu adanya anggaran khusus untuk bantuan hukum bagi warga miskin di Makassar. Bahkan, masyarakat bisa mendapatkan bantuan hukum secara gratis melalui dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tersebut.

“Tidak hanya perkara dan konsultasi (hukum) yang bisa menggunakan (dana) itu. Baik itu hukum perdata, pidana dan tata negara, itu ada (dananya),” kata Ajid saat ditemui di tengah kegiatan sosialisasi.

Sahruddin Said saat memaparkan materi kegiatan sosialisasi. (NL)

Adapun Legislator PAN itu menyampaikan, Perda Nomor 7/2015 mengakomodir semua kalangan masyarakat untuk bisa mendapatkan bantuan hukum. Didalamnya diatur cara masyarakat meminta bantuan hukum secara gratis, mulai dari tingkat penyelidikan hingga putusan untuk perkara litigasi, baik perkara perdata maupun pidana.

Untuk syarat memanfaatkan bantuan hukum tersebut, Sahruddin Said menjelaskan, bahwa masyarakat miskin bisa mengajukan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan ditujukan kepada Walikota. “Itu melalui SKTM, jika ada masyarakat ingin bantuan (hukum),” tandasnya. (Ananta)