oleh

Sosialisasi Perda Perlindungan Anak, Kartini Harap Warga Paham Tanggungjawab

Makassar,Inisulsel.com – Anggota DPRD Kota Makassar, Hj Kartini menilai Peraturan Daerah perlindungan anak diperlukan untuk melindungi anak-anak dari semua tindakan kekerasan, pelecehan seksual dan sebagainya. Menurutnya, dalam satu tahun terakhir kekerasan terhadap anak di bawah umur mengalami peningkatan.

Dirinya menyebut, maraknya eksploitasi anak di tengah masyarakat yang dianggap biasa, seperti mengamen, mengemis, bahkan prostitusi online menjadi masalah mendasar.

“Jadi perlindungan anak ini menjelaskan bahwa bagaimana tanggung jawab anak bukan hanya ke pemerintah, itu menjadi tanggung jawab kita semua, baik bidang usaha, bidang industri, dan tataran masyarakat. Semua terlibat,” kata Kartini di Hotel Grand Maleo, Sabtu (27/03/2022).

Hak itu terungkap dalam kegiatan Sosialisasi Angkatan 6 dengan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perlindungan Anak. Hadir selaku narasumber, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar Achi Soleman, dan Anggota DPRD Makassar periode 2014-2019, Dr. Muh. Said.

Narasumber kegiatan sosialisasi Perda. (NL)

Menurut legislator Partai Perindo itu, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk memutus mata rantai penindasan terhadap anak.

“Jika warga menemukan ada indikator yang melakukan hal-hal indikasinya ini. Jangan tidak mau terlibat sebab nanti menjadi sasaran. Karena itu menjadi tanggung jawab kita, supaya tidak menjadi lebih besar,” jelasnya. (Ananta)