oleh

Sosialisasi Perda, Syukran Kahfi Sampaikan Pentingnya Perlindungan Anak

Makassar,Inisulsel.com – Anggota DPRD Kota Makassar, Syukran Kahfi menggelar sosialisasi angkatan 8 dengan bahasan peraturan perundang-undangan Perda nomor 5 tahun 2018 tentang “Perlindungan Anak”, di Hotel Tree Makassar, Rabu (08/06/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Legislator Fraksi PAN itu mengaku dirinya sengaja mengambil Perda Perlindungan Anak untuk di sosialisasikan karena saat ini marak terjadi kekerasan dan kriminalitas terhadap anak.

“Jadi kalau ada permasalahan terkait anak, inilah kesempatan bapak dan ibu untuk mengetahui bahwa Perda ini mengatur bagaimana perlindungan untuk anak dan pemerintah wajib hadir setiap terjadi kasus terhadap anak,” katanya.

Peserta Kegiatan Sosialisasi.

Syukran berharap dalam sosialisasi Perda agar bisa mencermati setiap point penting yang disampaikan dalam perda perlindungan anak.

“Masyarakat juga perlu ketahui bahwa apa saja peran penting orang tua, RT/RW, Kelurahan, dan Dinas terkait soal Perda perlindungan anak ini ketika terjadi kasus, dan apa hak-hak anak yang perlu orang tua wajib menjalankannya, makanya ada program pemerintah jagai anakta’,” ujarnya.

Selain itu, perda ini dinilai penting untuk menjamin pemenuhan hak anak. Tujuan lain, yakni memperoleh perlindungan dari kekerasan, eksploitasi, perlakuan salah penelantaran, dan memperkuat mekanisme penyelenggaraan perlindungan anak.

“Hak-hak ini harus dipenuhi, seperti pendidikan itu orang tua harus menyadari bahwa setiap anak punya hak memperoleh pendidikan. Jadi saya sangat menginginkan kepada masyarakat melakukan perlindungan anak, khusunya yang berusia 18 tahun ke bawah,” ujar dia.

(Satria)