oleh

Sosialisasi Perda, Anggota DPRD Makassar Muliati Harap Pemberian ASI Dioptimalkan

Makassar,Inisulsel.com – Anggota DPRD Kota Makassar, Hj Muliati kembali melaksanakan sosialisasi peraturan perundang-undangan kepada masyarakat angkatan ke 8.

Sosialisasi kali ini terkait Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif yang berlangsung di Hotel Aerotel Smile, Makassar, Kamis (09/06/2022).

Muliati mengungkapkan, sosialisasi dan edukasi terkait Perda ASI Eksklusif sangat perlu dioptimalkan. Hal ini, kata dia, agar dapat implementasinya bisa maksimal.

“Pemerintah telah menyiapkan ruang menyusui di tempat-tempat umum seperti pusat perbelajaan dan perkantoran bagi ibu yang sedang menyusui,” kata Legislator PPP itu.

Tak hanya diatur dalam Perda, hal ini juga merupakan perlindungan terhadap pemenuhan hak anak. Jika pemenuhan hak terpenuhi, maka pertumbuhan anak menjadi baik. Apalagi anak merupakan generasi bangsa,” bebernya.

Suasana Sosialisasi Perda ASI eksklusif. (Ist)

Lanjutnya, Perda ASI Eksklusif dibuat berasaskan asas perikemanusiaan, perikeadilan dan memberikan manfaat bagi ibu dan bayi, perlindungan dan penghormatan terhadap ibu dan bayi serta menjauhkan dari tindakan diskriminatif.

“Regulasi ini membuktikan bahwa pemerintah hadir dalam upaya melindungi hak-hak ibu dan bayi. Pemberian ASI Ekslusif kepada bayi enam bulan pertama sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Utamanya, membentuk kecerdasan anak dan pererat hubungan orang tua dan anak,” sambungnya.

Dia berharap, kehadiran peserta sosialisasi nantinya akan mendapat pengetahuan tambahan dan menjadi agen informasi ke warga lainnya.

(Ananta)