Sosialisasi Perda, Kartini Tekankan Pentingnya Perlindungan Perawat

Makassar,Inisulsel.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, Hj. Kartini menggelar sosialisasi Angkatan 9, Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 4 Tahun 2019 tentang Perlindungan Perawat yang berlangsung di Hotel Royal Bay Makassar, Kamis (16/6/2022).

Dihadiri seratusan peserta, sosialisasi peraturan daerah (sosper) ini menghadirkan narasumber kompeten di bidangnya masing-masing, yakni wakil Direktur RSUD Daya Makassar, Andi Amalia Malik dan Sekretaris DPRD Makassar H. Dahyal.

Kartini pada kesempatannya, mengatakan perawat adalah ujung tombak dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Olehnya, butuh payung hukum untuk melindungi mereka. Namun, di sisi lain, dia juga menekankan agar perawat memberikan pelayanan maksimal.

“Perawat tidak asal bekerja. Semua harus terstandardisasi. Makanya perawat harus juga ada perlindungan,” ucap legislator Partai Perindo ini.

Wakil direktur RSUD Daya Makasar Andi Amalia Malik. (NL)

Dia menjelaskan, perlindungan yang dimaksud dalam perda yaitu perlindungan hukum oleh pemerintah. Kemudian, profesi yang lindungi organisasi terkait perawat dan ketenagakerjaan tanggung jawab dari penyelenggara kesehatan.

“Semua yang berkaitan dengan tiga hal tersebut harus dipenuhi dan itu regulasi yang mengatur,” jelasnya.

(Ananta)