Legislator Makassar Alhidayat Temui Konstituen Sosialisasi Perda Pendidikan

Makassar,Inisulsel.com Perda penyelenggaraan pendidikan masih sangat perlu lebih lanjut untuk disosialisasikan karena mengatur tentang hak dan kewajiban apakah sebagai guru, orang tua dan selaku masyarakat secara keseluruhan.

“Ini juga menjadi hal yang wajar untuk diketahui karena kita adalah objek sekaligus subjek. Sesungguhnya setiap peraturan ada dua hal yang selalu dibahas dan dibicarakan yaitu persoalan hak dan persoalan kewajiban,” ujarnya.

Demikian disampaikan Anggota DPRD Kota Makassar, Alhidayat Samsu, menggelar sosialisasi Angkatan 9 Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Hotel Aston, Sabtu (25/06/2022).

Suasana kegiatan Sosialisasi Perda Pendidikan. (NL)

Legislator PDIP Makassar ini berharap dengan sosialisasi ini adanya kesepahaman antara orang tua, terkait dengan bagaimana sebenarnya bentuk penyelenggaraan pendidikan itu sendiri sehingga bisa paham apa yang menjadi hak dan kewajibannya.

“Oleh karena itu, banyak hal yang bisa menjadi catatan untuk pemerintah, utamanya adalah terkait dengan keluhan sarana, termasuk kurikulum. Pemerintah juga harus tau kemampuan orang tua secara keseluruhan, karena ada orang yang sama sekali tidak mampu untuk menyekolahkan anaknya, nah disitulah pemerintah hadir disitu,” terangnya.

Di dalam Perda ini, lanjut Alhidayat, jika dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah kota, maka tidak ada lagi anak yang tidak sekolah. Selain itu, mutu pendidikan juga jauh lebih baik.

(Satria)