Kartini Imbau Pengelolaan Sampah Secara Bijak dan Terpadu

Makassar,Inisulsel.com – Legislator DPRD Kota Makassar, Hj Kartini, melakukan sosialisasi Angkatan 10, Perda Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah, di Hotel Travellers Phinisi, Minggu (26/06/2022).

Kartini mengatakan, melalui sosialisasi ini, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Di Perda ini diatur seluruh masalah persampahan, termasuk aturan membuang sampah di lingkungan dan denda atau sanksi bagi warga yang membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Legislator Perindo itu menjelaskan, dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih dari sampah, perlu penanganan sampah secara bijak dan terpadu. Dengan melibatkan peran serta masyarakat dan dunia usaha secara proporsional, efektif dan efisien.

Kegiatan Sosialisasi Perda Pengelolaan Sampah. (NL)

Pengelolaan secara komprehensif dan terpadu agar memberikan manfaat secara ekonomi. Selain itu, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan, serta dapat mengubah perilaku masyarakat.

“Pengelolaan sampah tidak bisa diserahkan kepada Pemerintah Daerah saja. Akan tetapi mesti melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat, dalam bentuk kegiatan pemilahan sampah. Sehingga sampah bukanlah suatu masalah, tetapi sampah dapat menjadi berkah,” kata Kartini.

Kata dia, ada tiga cara atau upaya agar pengelolaan sampah di Indonesia bisa terkendali. Pertama, kebijakan pemerintah pusat, membuat regulasi dan partisipasi masyarakat.

“Partisipasi masyarakat ini penting. Percuma kebijakan dan regulasi ketat kalau peran masyarakat tidak ada, saya kira mustahil,” cetusnya.

(Satria)