oleh

Legislator Hanura Irmawati Harap Warga Jadi Duta Kawasan Tanpa Rokok

Makassar,Inisulsel.com – Anggota DPRD Kota Makassar, Hj. Irmawati Sila berharap perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Makassar warga menjadi duta sosialisasi di lingkungan sekitar, terus ditingkatkan lagi demi menjaga dan menjamin kesehatan warga.

Hal itu ditegaskan Irmawati Sila saat menggelar sosialisasi Angkatan 11 dengan Perda Kota Makassar Nomor 4 Tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Kegiatan ini dihelat di Hotel Khas, Jalan Mappanyukki, Makassar, Jumat (15/07/2022).

“Jadi bukan larangan merokok, tetapi ada batasan ruang ataupun cakupan wilayah merokok yang tidak diperkenankan untuk mengadakan asap rokok, seperti tempat pendidikan/sekolah, rumah ibadah, dan tempat-tempat umum lainnya,” jelasnya.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Dinkes Kota Makassar dr. Andi Mariani, M.Kes saat memberi materi sosialisasi. (SDK)

Sementara narasumber kegiatan, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Dinkes Kota Makassar dr. Andi Mariani, M.Kes juga mengimbau masyarakat agar menaati peraturan kawasan tanpa rokok. Sebab, perda ini memuat sejumlah sanksi bagi pelanggarnya.

“Ada juga sanksinya kalau ditemukan melanggar, seperti denda, dan lain sebagainya. Jadi peserta yang hadir dapat memahami bagaimana pemerintah hadir dalam hal ini menjaga kesehatan di tengah masyarakat, ” ujarnya.

Meski banyak dampak negatif yang ditimbulkan, rokok tidak serta Merta dihentikan produksinya atau peredarannya. Hal ini dikemukakan narasumber yang lain, Akademisi Syafruddin Ahmad yang juga Praktisi Kesehatan, bahwa produksi rokok telah menyerap banyak tenaga kerja.

“Dan juga penyumbang beaccukai terbanyak di Indonesia. Jadi rokok ini semacam dua sisi mata uang yang saling ketergantungan,” tutupnya.

(Satria)