oleh

Dinas Kebudayaan Makassar Bakal Jadikan Bunker Lae-lae Cagar Budaya

Makassar,Inisulsel.com – Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Makassar, Bidang pelestarian cagar budaya mengunjungi bunker peninggalan Jepang yang berada di pulau lae-lae. Makassar (27/07/2022)

Pulau Lae-lae merupakan pulau kecil yang terletak di bagian barat Makassar, Sulawesi Selatan tepatnya berada di Kecamatan Ujung Pandang kelurahan Lae-lae Kota Makassar.

Terdapat situs sejarah jejak peninggalan tentara Nippon di pulau lae-lae yaitu dua bunker yang kondisinya saat ini butuh perhatian agar kedepannya bunker dapat ditetapkan menjadi objek cagar budaya dan juga menjadi tempat objek wisata, sekaligus menjadi tempat edukasi sejarah.

Kepala Bidang Pelestarian Cagar Budaya Hj.Haryanti ramli berharap bunker ini bisa segera ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya.

“Kami berharap situs sejarah (bunker) yang ada di pulau ini bisa ditetapkan segera mungkin sebagai salah satu cagar budaya di Kota Makassar, oleh karena itu hari ini kami melakukan pendataan kedua bunker,” ungkapnya.

Bunker yang berada di pulau lae-lae itu diperkirakan dibangun antara tahun 1943-1945 atau pada masa-masa akhir kekuasaan Jepang di Indonesia. (Humas Lae-lae)