oleh

Rangkaian HUT Bhayangkara Ke-76, Mahasiswa Jurusan Seni Pertunjukan FSD UNM Sukses Borong Penghargaan Nusantara Gemilang

Makassar,Inisulsel.com – Tim Sulsel berhasil membawa pulang penghargaan pada 3 kategori sekaligus dalam pegelaran kegiatan Seni dan Budaya Nusantara Gemilang yang diselenggarakan Mabes Polri.

Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-76 yang jatuh pada 1 Juli 2022, Mebes Polri mengangkat kearifan lokal Nusantara dari Aceh hingga Papua.

Rangkaian kegiatan ini berlangsung sejak 21 Juni hingga 5 Juli 2022 sebagai puncak acara peringatan HUT Bhayangkara.

Penghargaan yang sukses diraih Tim Sulsel yaitu Penampil Terbaik, Penari Paling Rapi, dan Penari Putra Terbaik.

Ketiga penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Nusantara Gemilang ini diikuti oleh mahasiswa dan pemuda dari perwakilan 34 provinsi yang dikemas dalam bentuk perlombaan kreasi di bidang seni artistik sekaligus menjadi ajang untuk membangun kebersamaan, keberbauran, dan keakraban.

Dari 34 Provinsi yang ikut serta, terpilih 14 tim dari hasil seleksi, salah satunya adalah tim asal Sulawesi Selatan yang berhasil menduduki peringkat ke-4. Tim Sulsel ini terdiri atas 7 orang mahasiswa dari jurusan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni dan Desain (FSD), Universitas Negeri Makassar.

Mahasiswa tersebut didampingi langsung Dosen Seni Pertunjukan FSD UNM yaitu, Dr. Syakhruni, S.Pd.,M.Sn, Selfiana Zaenal, M.Sn., dan Muzakkir, S.Pd.,M.Sn.

Saat diwawancarai, Syakhruni menjelaskan bahwa konsep yang diangkat timnya pada perlombaan tersebut bertemakan Cora’ Lebba’ atau Cora’ Bello yang merupakan perpaduan proses pembuatan hingga penggunaan sarung sutera.

“Mahasiswa yang kami bawa dalam kegiatan ini betul-betul melalui proses panjang dan sangat berkesan. Jadi mulai dari proses latihan, penciptaan aransemen musik, hingga properti yang digunakan kami garap bersama” tutur Syakhruni.

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat memberi penghargaan. (Ist)

Lebih lanjut, Syakhruni pun menjelaskan bahwa dalam rangkaian kegiatan Nusantara Gemilang ini, mahasiswa tidak hanya difokuskan pada perlombaannya saja, tapi juga difasilitasi ruang dan waktu untuk mengikuti karantina, pelatihan, serta tur ke sejumlah lokasi bersejarah yang bertemakan Wisata Kebangsaan.

“Pelatihan yang disediakan panitia untuk mahasiswa kami, mulai dari event organizer, public speaking, etika kepribadian, tata rias, dan kelas seni yang dipimpin oleh Denny Malik”, kata Syakhruni.

Tidak hanya sekadar tampil dalam rangkaian acara Nusantara Gemilang, berkat prestasi ini, tim Sulsel juga dianugerahi penghargaan yaitu berhak menampilkan karyanya dihadapan Presiden RI, Joko Widodo, pada acara puncak HUT Bhayangkara ke-76 yang dilaksanakan pada 5 Juli 2022 bertempat di Akademi Kepolisian Semarang.

(Satria)