oleh

Tingkatkan Diplomasi Budaya, FSD UNM Gelar Pameran Seni Virtual

Makassar,Inisulsel.com – Jurusan Seni Rupa dan Desain Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerjasama dengan The International Group L’Art Iran menyelenggarakan Pameran Seni Rupa secara Virtual.

Pameran Seni Rupa Virtual Internasional (Online International Exhibition Indonesia-Iran) ini berlangsung selama tujuh hari, yakni 24-30 Agustus 2022 dan diikuti oleh 61 peserta dari Iran, serta 37 peserta dari Indonesia.

Berikut sejumlah nama Seniman Indonesia dan Judul Karya yang ditampilkan dalam Online International Exhibition Indonesia-Iran:

1. Prof. Dr. Abd. Aziz Ahmad, M.Pd. (Keep Clean & For The Love of Allah)

2. Dr. Pangeran Paita Yunus, M.Sn. (Akibat Pandemi)

3. Hasnawati, S.Pd., M.Pd. (Batik Kaligrafi Arab)

4. Dian Cahyadi, S.Ds., M.Ds. (Sere Bissu Maggiri & Niskala Bissu Maggiri)

5. Aulia Evawani Nurdin, S.Pd., M.Pd. (PABBERE)

6. Sri Riski Wulandari, M.I.Kom. (Fragment of Happiness & I’m)

7. Faizal Erlangga Makawi, S.Pd., M.Ed. (Healing)

8. Faidhul Inayah, S.Pd., M.Sn. (Explore)

9. Muhammad Suyudi, S.Pd., M.Pd. (Limbah di Kepala)

Turut serta pula mahasiswa Fakultas Seni dan Desain UNM yaitu Delvi Cicilia Kimiko (Bad or Good), Kharisma Febilda Rahayu (Slayer), dan beberapa mahasiswa FSD UNM lainnya.

Kegiatan ini adalah sebuah upaya untuk meningkatkan program diplomasi budaya melalui Karya Seni, baik dari akademisi, seniman, maupun praktisi seni, sehingga potensi seni dan budaya Indonesia dapat lebih dikenal pada tingkat Internasional.

Pameran Seni Rupa Virtual Internasional (Online International Exhibition Indonesia-Iran). (Dok. UNM)

Dr. Pangeran Paita Yunus, M.Sn menyatakan “Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi seni serta penghargaan kepada para seniman yang terlibat untuk mendapatkan kesempatan menunjukkan Karya Seninya di tingkat Internasional”, ungkap Pangeran selaku salah satu kurator Indonesia untuk pameran ini (Jumat, 26/8/2022).

Pameran ini menggabungkan berbagai bentuk seni sesuai dengan minat dan ekspektasi yang berbeda dari setiap seniman. Karya tersebut dapat berupa lukisan, patung, gambar/drawing, seni digital, instalasi, fotografi, dan beberapa jenis karya seni lainnya.

Dekan Fakultas Seni dan Desain Dr. Tangsi, M.Sn. yang juga merupakan kurator Pameran Seni Rupa Internasional ini memberikan apresiasi terhadap seluruh peserta yang telah mengirimkan karyanya dan berharap kegiatan seni seperti ini dapat terus diselenggarakan, terutama guna melestarikan dan menguatkan budaya Indonesia dan budaya lokal daerah. (Perss Realese)